“Kampung Herbal” Sukolelo Peringati Hari Sumpah Pemuda Dengan 92 Tumpeng

Info Daerah

 

PASURUAN, Harnasnews.com – Kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda oleh Karang Taruna Gemas, Desa Sukolelo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan dengan tema “Bersatu Bangkit Bersama” bernuansa unik serta ikonik.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Sukolelo atau yang lebih dikenal “Kampung Herbal” pada Hari Rabu (28/10/20) itu sendiri berlangsung unik karena panitia kegiatan menyiapkan 92 tumpeng sebagai hari jadi yang ke-92 peringatan Sumpah Pemuda,  yang akan dibagikan kepada warga sekitar.

Selain adanya 92 tumpeng, panitia juga menyiapkan berbagai hasil makanan olahan serta kerajinan dari kelompok UMKM warga desa Sukolelo yang diberikan kepada para peserta kegiatan ataupun masyarakat yang ikut hadir memeriahkan secara gratis sekaligus untuk mempromosikannya.

Ketua panitia Rizal memaparkan “peringatan hari Sumpah Pemuda kami jadikan cambuk untuk pemuda pemudi Desa Sukolelo agar lebih kreatif serta tak lupa untuk mengingat semangat juang pendahulu kita dulu,” ujar Rizal.

Kades Sukolelo M. Nur Meidin disela kegiatan menyampaikan “Sebagaimana diketahui, bahwa sumpah pemuda merupakan simbol dari kebangkitan Bangsa Indonesia untuk mewujudkan persatuan dalam upaya merebut kemerdekaan, mengingat semangat kesatuan dan persatuan yang kini kian terkikis oleh ekspansi budaya asing, maka dengan demikian kegiatan ini perlu diselenggarakan untuk mengisi kembali semangat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia,” ujar Meidin.

“Kami selaku Pemdes sangat mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan karang taruna Gemas, kegiatan ini sekaligus juga untuk mempromosikan “Kampung Herbal” kami dengan berbagai hasil karya dan hasil olahan warga Desa Sukolelo,” papar Meidin.

Sementara itu, Camat Prigen Tri Kristin dalam sambutannya menyampaikan “Takjub, merinding, serta terharu melihat kegigihan pemuda pemudi Desa Sukolelo, ditengah keterbatasan yang ada masih bisa mengangkat nama Kecamatan Prigen untuk lebih dikenal diluar daerah sampai mancanegara dengan “Kampung Herbal” yang sudah dikenal masyarakat Kabupaten Pasuruan lebih dulu,” ujar Kristin.

“Kedepan semoga lebih banyak lagi kegiatan positif seperti ini dan berharap setelah bergabung di kampung nusantara Desa Sukolelo serta Kecamatan Prigen umumnya lebih dikenal lagi, dikenal dengan destinasi wisata di setiap kampung dengan  keunggulan produknya masing-masing,” pungkas Kristin. (Por)

Leave A Reply

Your email address will not be published.