Kegiatan TMMD Ke-101 Kodim 1425 Resmi Dibuka Oleh Pjs Bupati Jeneponto

Jeneponto,Harnasnews.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kelanjutan dari program ABRI Masuk Desa yang dimulai sejak tahun 1980 dan dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Departemen/Lembaga Non Departemen dan masyarakat.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 1425 secara resmi dibuka oleh Pejabat sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Jeneponto Asmanto Baso Lewa, di lapangan sepak bola Suharto Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Rabu, (4/4/18).

Dalam upacara pembukaan TMMD ke 101 Kodim 1425 Jeneponto, Pjs Bupati Jeneponto bertindak sebagai Inspektur Upacara , sedangkan Danramil 1425-01 Binamu bertindak sebagai Komandan Upacara, dan sebagai Perwira upacaranya oleh Pasi Pers Dim 1425/Jp Kapten Kav. Iswandi.
Upacara tersebut diikuti oleh passukan dengan susunan pasukan, 1 SSK, Anggota Yonif 726/Tml, Anggota Dim 1425/Jp, Anggota TNI AU, Anggota TNI AL, personil Polres Jeneponto, Satpol PP, Damkar, Dishub, PPAD, BPBD Jeneponto, Mahasiswa Yapti, Siswa SMP, barisan Pramuka dan Murid SD serta Barisan Korsik.

Pembukaan TMMD ke 101 ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan tolkit TMMD ke 101 Ta 2018 secara simbolis kepada ispektur upacara, Penandatanganan naska berita acara penyerahan kegiatan TMMD ke 101 Ta 2018 dari pemerintah ke Dandim 1425 Kabupaten Jeneponto dengan dirangkaikan penyerahan 100 kemasan sembako dan sunatan massal.

Pjs Bupati Asmanto menyampaikan dalam amanatnya, TNI Manunggal membangun Desa(TMMD) merupakan bentuk upaya membantu pemerintah untuk meningkatkan akselarasi pembangunan didaerah guna mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI rakyat.

“Diharapkan sinegritas antara masyarakat dan TNI dapat terjalin dengan baik melalui kegiatan TMMD, karena TMMD merupakan wujud salah satu operasi bhakti TNI yang merupakan program terpadu antara TNI, Polri dengan pemerintah yang dilaksanakan secara terintegritas bersama,” jelas Asmanto

Upacara pembukaan TMMD ke 101 Kodim Jeneponto juga dihadiri, Aster Kasdam XIV Hasanuddin Kolonel Inf. J Lumban Toruan, Kasrem 141/Tp Letkol Inf. Sapta Budhy Purnama, Sekda Safruddin Nurdin, Kapolres AKBP Hery Susanto, Dandim 1425 Letkol Arh Sugiri, perwakilan Kajari Muh Nasran, Ketua pengadilan diwakili Tharoes, Dandim 1410/Bantaeng Letkol Kav Nanang Siswoko., Dandim 1426/Takalar Letkol Inf Ardi Sukarti, Dandin 1411/Bulukumba Letkol Arm Sukitno.
Turut hadir pula Dandim 1415/Selayar Letkol Arm Yuwono, Danyon 726/Tml Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo. Kasdim 1425/ Jp Mayor Inf Kamaluddin Samad, Kaminvecat 19 Dam XIV Hasanuddin Mayor Inf. Qudsi, Dansub Denpom Bantaeng. Kapten Cpm M.Zen masri, Para Kasi, Pasi Korem 141/Tp, Para Perwira Jajaran Makodim 1425 dan Para Pimpinan OPD Kabupaten Jeneponto

Sementara itu, Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Arh Sugiri mengatakan, TMMD ini memberikan pelajaran yang berharga dan semangat bergotong royong membangun bangsa. Sebab TMMD ini bukan semata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat desa, akan tetapi juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat.

“TMMD Ini hadir bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materil dan kebendaan, Agar masyarakat mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang dihadapi dan meningkatkan kearifan lokal,” jelas kata perwira dua bunga itu.

Diketahui, Kodim 1425 melakukan pengerjaan badan jalan dan jembatan melalui program TMMD ke-101 tahun 2018. Jalan yang dikerjakan sepanjang 850 meter dengan lebar 6 meter.

Pengerjaan ini dimulai sejak Februari lalu. Pembangunan jalan tersebut atas hibah tanah dari masyarakat Desa Bonto Lebang dan Tolo Selatan, Kecamatan Kelara. (Red/Syam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.