Kelompok Ahli BNPT Nilai Ketahanan Masyarakat Efektif Tekan Terorisme

JAKARTA, Harnasnews – Anggota Kelompok Ahli Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Bidang Kerja Sama Internasional Darmansyah Djumala mengatakan keberhasilan lembaga tersebut dalam menekan tindak pidana terorisme hingga level zero terrorist attack menunjukkan efektifitas dari program ketahanan masyarakat.

“Keberhasilan ini menunjukkan efektifnya program penguatan public resilience (ketahanan masyarakat) yang dijalankan oleh BNPT,” kata Darmansyah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Darmansyah, program ketahanan masyarakat yang dijalankan BNPT merupakan pengejawantahan pilar pertama strategi nasional dalam penanggulangan terorisme di Tanah Air, yaitu pencegahan.

Mantan duta besar RI untuk Austria dan PBB itu menilai bahwa program pencegahan tersebut semakin dirasakan tingkat daruratnya saat tindak pidana terorisme sudah melibatkan perempuan dan anak, seperti yang saat ini terjadi di dunia.

“Perempuan dan anak sekarang termasuk kelompok rentan terpapar terorisme, sehingga program penguatan masyarakat dalam bentuk Sekolah Damai, Kampus Kebangsaan, Desa Siap Siaga, perlu kiranya terus digalakkan,” jelas Darmansyah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.