Kemenko PMK: Koordinasi Lintas Sektor Kunci Implementasikan Germas

Penilaian pelaksanaan Germas, kata dia, bertujuan untuk mengetahui implementasi nyata yang dilakukan kementerian/lembaga dalam membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Berdasarkan hasil penilaian tersebut, kata Agus, Kemenko PMK berinisiatif mengadakan penganugerahan Germas atau Germas Awards 2022 dan telah terpilih beberapa kementerian/lembaga yang akan mendapatkan penganugerahan Germas atau Germas Awards 2022,” katanya, dikutip dari antara.

Sebanyak 37 kementerian dan lembaga, kata dia, telah menyampaikan laporan hasil pelaksanaan Germas kepada Kemenko PMK.

“Adapun verifikasi dan penilaian dilakukan oleh Kemenko PMK bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Kesehatan dan lain sebagainya,” katanya.

Sementara itu, Agus juga menjelaskan bahwa pemerintah terus menggencarkan kampanye Germas dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengutamakan paradigma sehat yang promotif dan preventif.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas meliputi tujuh langkah, yakni melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.