Kesepakatan Damai Afghanistan, AS: Semakin Cepat, Semakin Baik

“Ini negara yang berbeda. Butuh waktu bagi Taliban untuk menghargai itu, tetapi pesan yang mereka berikan kepada saya adalah bahwa mereka mengerti bahwa mereka tidak dapat kembali,” ujarnya

Khalilzad mengatakan penarikan pasukan AS dari Afghanistan hanya bisa dicari setelah perjanjian damai tercapai.

“Sebuah perjanjian perdamaian dapat memungkinkan penarikan. Tapi itu bukan hanya perjanjian penarikan yang kita cari. Untuk mencapai kesepakatan damai, cukup banyak masalah yang harus ditangani,” jelas Khalilzad, menekankan dua masalah utama selama pembicaraan dengan Taliban: kontraterorisme dan penarikan pasukan AS.

Khalilzad mengatakan pada prinsipnya kesepakatan dicapai dengan Taliban bahwa tidak ada kelompok teroris, kelompok teroris internasional, atau individu yang dapat menggunakan Afghanistan dan wilayah yang mereka kuasai.

Dia menambahkan bahwa kemungkinan penarikan pasukan AS sebagai bagian dari kesepakatan paket kami telah disepakati secara prinsip, tetapi kesepakatan damai segera tidak akan tercapai tanpa kesepakatan komprehensif tentang masalah lain.

“Masalah-masalah lain yang harus ditangani adalah masalah road map bagi Afghanistan untuk mengakhiri perang Afghanistan. Orang-orang Afghanistan harus duduk di seberang meja satu sama lain dan mencapai kesepakatan tentang masa depan negara mereka,” tukasnya. (Sindo/Red)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.