Koarmada I Dukung Kas Keliling Pulau Terluar Wilayah Barat

Jakarta,Harnasnews.com – Bank Indonesia bersama TNI Angkatan Laut menggelar program Kas Keliling di Pulau Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) di wilayah Barat dengan jumlah sekitar Rp. 4,2 miliar untuk disebar ke pulau-pulau perbatasan Indonesia tersebut.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Koarmada I menurunkan 2 Unsur KRI yakni KRI Sutedi Senoptra-378 yang dikomandani oleh Letkol Laut Laut (P) Zul Fahmi dan KRI Lemadang-632 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Pungki K, M.Tr. Opsla.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu penyaluran ketersediaan Uang Layak Edar (ULE) dari Bank Indonesia ke pulau-pulau terluar, terdepan dan terpencil yang sulit dijangkau dengan transportasi umum.

KRI Sutedi Senoputra-378 melaksanakan Kas Keliling, Edukasi Publik dan Pemberian Bantuan Sosial Bank Indonesia di Pulau-Pulau Pantai Barat Sumatera pada 24 Juli hingga 6 Agustus 2019 dengan rute berangkat dari Padang menuju Pulau Simeulue, Pulau Nias, Pulau Tello, Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai, dan kembali ke Padang.

Sementara KRI Lemadang-632 akan melaksanakan distribusi Kas Keliling ke pulau Teluar, Terdepan, dan Terpencil (3T) selama 8 hari mulai 6 hingga 13 Agustus 2019 dengan daerah yang akan disambangi diantaranya Pulau Jemaja, Siantan, Midai, Subi Besar, Serasan, Tembilahan Besar, dan Pontianak.

Departemen Pengelolaan Uang Rupiah (DPUR) Bank Indonesia Hendrawan mengatakan bahwa penyebaran uang rupiah ke pulau 3T tersebut diharapkan mampu terserap semua oleh masyarakat yang tersebar dibeberapa pulau yang akan dikunjungi oleh Tim Bank Indonesia bersama TNI Angkatan Laut.

Kas Keliling ini juga akan mengurangi, mencabut, dan memusnahkan uang yang Tidak Layak Edar (UTLE), membantu memenuhi kebutuhan Uang Layak Edar (ULE) bagi masyarakat, mempercepat perputaran uang, dan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut, sehingga akan menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap rupiah yang merupakan alat transaksi resmi di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.