Kurikulum Prototipe Diprediksi Bakal Akhiri Sitem Penjurusan

BOGOR, Harnasnews.com – Kurikulum Prototipe atau kurikulum 2022 diprediksi bakal mengakhiri sistem penjurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa yang ada di SMA.

“Kurikulum Prototipe ini nantinya pwserta didik diberi kebebasan untuk memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat dan aspirasi pelajar,” jelas Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Anindito Aditomo via instagram resminya @ninoaditomo belum lama ini.

Walau begitu, kata dia masih tetap ada mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, Penjaskes, Pendidikan Agama, Matematika, Seni Musik dan Sejarah.

“Sebagai contoh ada siswa yang berminat menjadi dokter, maka siswa dapat memilih mata pelajaran sesuai minatnya seperti Kimia, Biologi, Sosiologi dan lainnya. Dan tentunya tidak meninggalkan mata pelajaran wajib,” ujar Anindito.

Anindito mengakui, saat ini kurikulum prototipe sedang diterapkan secara terbatas di 2500 sekolah di seluruh Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.