Mahfud: Kasus Asabri tidak Boleh Bergeser ke Perdata

“Adapun kalau mau nantinya ada persoalan perdata di luar kasus korupsinya, itu nanti. Itu nanti dibicarakan dengan kementerian BUMN. Tapi, ini tetap harus berjalan sebagai kasus tindak pidana korupsi. Dan tidak ditawar-tawar lagi,” kata Mahfud, dikutip dari republika.

Penyidikan dugaan korupsi dan TPPU Asabri yang ditangani Jampidsus sudah menetapkan sembilan orang tersangka.

Empat tersangka swasta yakni Benny Tjokrosaputro, Heru Hidayat, dan Jimmy Sutopo, serta Lukman Purnomosidi. Sedangkan tersangka dari direksi Asabri yakni Sonny Widjaja, Adam Rachmat Damiri, Bachtiar Effendi, Ilham W Siregar, dan Hari Setiono. Baru tiga tersangka yang juga dijerat TPPU. Yakni Heru, Benny dan Jimmy.

Penyitaaan terkait kasus ini mulai dari ribuan sertifikat tanah seluas hampir 800 hektare, dan 18 unit apartemen dari tersangka Benny. Penyidik juga menyita lahan tambang nikel seluas 23 ribu hektare milik tersangka Heru, termasuk menyita satu kapal tanker, dan 19 tugboat pengangkut batu bara.

Penyitaan juga dilakukan terhadap tersangka Jimmy berupa 36 lukisan-lukisan berlapis emas, dan apartemen, serta perhiasan. Dari tersangka Sonny, penyidik turut menyita 17 unit armada bus pariwisata.

Direktur Penyidikan Jampidsus Febrie Adriansyah, pekan lalu mengatakan perburuan aset-aset tersangka masih terus dilakukan. Termasuk yang sudah dideteksi berada di luar negeri. Febrie memastikan, aset-aset sitaan tersebut, nantinya untuk sumber pengganti kerugian negara.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.