Membangun Bangsa Dengan Berbasis Pancasila sebagai Kesepakatan Nasional

Sementara itu, Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof Moh Nasih menuturkan diadakannya forum kajian atau diskusi ini tidak lain untuk mempersatukan perspektif dalam pembangunan manusia sesuai dengan  sila sila yang tertuang dalam Pancasila. Di Unair sendiri, pihaknya telah menerapkan kurikulum dengan mengkombinasikan beberapa mata kuliah sekaligus seperti agama dan kewarganegaraan dengan satu tema.

”Kita punya gagasan yang sama dalam membangun bangsa. Yaitu dengan berbasis pancasila sebagai kesepakatan nasional. Semua pemikiran, gagasan dan startegi dalam satu perspektif,” ujar dia.

Prof Moh Nasih juga menyayangkan dengan tujuan pendidikan saat ini yang lebih difokuskan anak didik mendapatkan pekerjaan. Sehingga yang terjadi justru aspek teknis yang muncul dipermukaan.

”Kita mencoba mengantisipasi bahwa pendidikan bukan hanya menciptakan pekerjaan, atau menciptakan robot. Tapi juga menciptakan orang berkarakter pancasila. Bahwa mereka punya ruh dan jiwa (Pancasilais),” tegasnya. (PUL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.