Pangdam IX/Udayana Meresmikan Denkav 4/Singa Pasupati

Badung-Bali,Harnasnews.Com – Detasemen Kavaleri (Denkav) 4/Singa Pasupati merupakan satuan Kavaleri yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pertempuran darat yang bersifat mobile. Kemampuan tempur satuan ini mampu bereaksi cepat sebagai penangkal handal dengan titik berat pada operasi pengintaian dan pengamanan serta melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Kodam IX/Udayana.

Berdasarkan Perkasad Nomor 57/2017 tanggal 4 Oktober 2017 tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI Angkatan Darat, dilakukan penataan dan ditingkatkan menjadi Detasemen Kavaleri 4/Singa Pasupati Kodam IX/Udayana. Peresmian tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto.

“Jangan sampai terjadi kesalahan sekecil apapun terhadap prosedur pengamanan tamu-tamu kenegaraan,” pesan Pangdam Benny Susianto di Kuta Kabupaten Badung, Kamis (13/4/2018).


Benny menjelaskan, secara historis Denkav 4/ Singa Pasupati Kodam IX/Udayana pada awal berdirinya merupakan Satuan Setingkat Peleton di bawah perintah Kodam IX/Udayana. Dalam tugas pengamanan VIP/VVIP, namanya satuan Peleton Kavaleri Khusus Pasukan Pengamanan VIP (Tonkavsus Paspamvip). Kemudian divalidasi menjadi Kikavser Kodam IX/Udayana.

Menurut Pangdam, dasar dari peningkatan itu karena perkembangan lingkungan strategis, dengan kemungkinan berbagai ancaman dan hambatan yang dihadapi Kodam IX/Udayana. Sehingga pembangunan kekuatan dan penataan satuan jajaran Kodam IX/Udayana merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus segera diwujudkan.

Disamping itu, lanjut Pangdam, wilayah Kodam IX/ Udayana, khususnya Provinsi Bali, kerap menjadi tuan rumah berbagai macam kegiatan baik skala nasional maupun internasional. Dengan demikian, disebutkan Pangdam, Bali memerlukan pengamanan VIP dan VVIP yang ekstra serta personel yang lebih banyak.

“Kepada segenap Prajurit Denkav 4/Pasupati agar memegang teguh Tri Daya Cakti, yang berarti memiliki daya gerak, daya tembak dan daya kejut yang tinggi maupun semboyan Queen of The Battle,” jelas Mayjen TNI Benny Susianto.

Turut hadir dalam upacara militer tersebut, Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam, para Perwira Staf Ahli, Asrendam, Asisten Kasdam, LO AL ,LO AU, para Dan/Kabalak satuan jajaran Kodam IX/Udayana, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana. (Red/Vidi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.