Pasuruan – Probolinggo Resmi Ber -Tol, Sepekan ke depan Garatis

Probolinggo, HarnasNews,com – Tol paspro (Pasuruan-Probolinggo) yang membentang dari Grati di Kabupaten Pasuruan hingga Leces di Kabupaten Probolinggo diresmikan.

Peresmian di lakukan langsung oleh Presiden RI Jokowidodo di gerbang timur tol Paspro. Tepatnya di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo,Rabu (10/04/2019).

Tak sendirian, selain di dampingi istri, Tampak hadir pejabat penting mendampingi orang nomer 1 di Indonesia itu, menteri Pekerjaan Umum (PUPR) basuki Hadimulyo, menteri BUMN Rini Sumarno, Sekretaris Kabinet Pramono Anum, Gubernur Jawa Timur Khofifa Indar Parawansa.

Hadir juga walikota dan wakil walikota Probolinggo beserta jajaran pemerintahan Pemerintah kota Probolinggo, Bupati dan wakil Bupati Probolinggo, ketua DPRD Kota Probolinggo Agus Ridyanto Ghaffur.

9.50 pagi Pria yang kini mencalonkan lagi sebagai Capres dengan nomor urut 01 itu tibah di lokasi peresmian, berlangsung kurang lebih satu jam, Usai meresmikan tol Paspro, Jokowi melanjutkan menghadiri kampanye di GOR Mastrib, Kota Probolinggo.

Kepada awak media, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, ada beberapa manfaat Tol Paspro.  Di antaranya, mempercepat rute perjalanan, mempercepat mobilitas kendaraan, orang dan logistik.

“Alhamdulillah bisa kita resmikan, masyarakat bisa lebih mudah akses jalannya. Tapi warga bebas diberi pilihan bisa lewat tol, jalan nasional maupun jalan provinsi,” ucapnya

Jokowi melanjutkan Tol Paspro yang terhubung sampai Jakarta itu sudah bisa digunakan pada mudik lebaran nanti.

“Ya yang pasti sudah dibuka, untuk sementara kita gratiskan dulu seminggu dua minggu ke depan,” kata presiden.

Terkait kegiatan itu, Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Bagus Suryadi Tayo, mengatakan ada 2.347 personil gabungan TNI-Polri yang dikerahkan dalam pengamanan ini.

“Rinciannya TNI ada 1.341 personil dan Polri sebanyak 1.006 personil. Serta dibantu 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Jatim,” kata Bagus.

Bagus menyampaikan, ribuan pasukan itu disebar dalam 52 titik penjagaan. Mulai dari helipad di Stadion Bayuangga, ke tol Paspro Kabupaten Probolinggo. Hingga perjalanan kembali ke Kota Probolinggo menuju GOR Mastrip.

“Karena ada beberapa tujuan yang ada dalam agenda RI 1, maka disejumlah jalur ada 52 titik pengamanan. Karena ini tetap sebagai pengamanan VVIP, maka semua disiapsiagakan. Jadi tidak ada yang namanya obyek paling vital,” ujarnya.

Sebagai informasi, tol Paspro memiliki panjang 31,3 kilometer, dengan investasi Rp4,6 triliun. Sepanjang ruas tol tersebut, disiapkan empat rest area tipe B. Masing-masing di sisi kanan dan kiri jalan. Jarak antar rest area sekitar 7,5 kilometer.

setelah menjalani uji coba operasional, pada 21 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 lalu
Jalur bebas hambatan yang dibagi menjadi tiga seksi ini, melahap lahan seluas 280 hektare dengan anggaran Rp 4,6 triliun.

Saat ini, pengerjaan proyek dengan panjang jalur 31 KM ini sudah mencapai 100 persen. (Mr.)

Leave A Reply

Your email address will not be published.