iklan

Pemerintah Harus Mencari Cara Untuk Penyaring

Opini

SUMBAWA,Harnasnews.com – Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB memiliki potensi pertanian, peternakan, perikanan dan wisata.

Pemerintah serta dinas teknis lainnya harus mengambil bagian untuk pembangunan pertanian, peternakan, perikanan dan wisata di Desa Penyaring.

Berdasarkan data yang ada luas areal pertanian padi di Penyaring mencapai 600 hektar lebih. Namun yang bisa digarap hanya sekitar 400 hektar. Hal tersebut disebabkan kurangnya debit air dari Bendungan Batu Bulan. Sementara untuk areal pertanian tanaman jagung Penyaring memiliki luas lahan 1400 hektar lebih.

Selain itu juga penyaring memiliki potensi ternak yang mencapai sekitar ribuan ternak yang tentunya harus difikirkan pemerintah untuk mencari cara altenatif bagaimana agar para ternak tidak menjadi liar.

Penyaring memiliki potensi perikanan dan wisata.

Hari ini hasil tangkapan ikan nelayan di penyaring sudah menurun. Dan juga kurangnya perhatian dinas terkait terhadap nelayan.

Penyaring juga memiliki potensi pantai yang sangat menarik. Dimana pasirnya berkilau seperti keemasan yang jika dilihat dari kejauhan.

Nah, berangkat dari hal tersebut Pemerintah harus berfikir bagaimana untuk memberikan dampak positif pembangunan dan kemajuan penyaring.

Karena saat ini petani di desa penyaring hanya satu kali saja bisa menanam padi sedangkan pada musim tanam kedua petani hanya bisa menanam jagung. Itupun jagung yang ia tanam tidak bisa tumbuh normal sehingga banyak petani mengalami kerugian.

Tentu hal ini tidak boleh terjadi secara terus menerus. Dan pemerintah harus hadir di Penyaring.

Sejak saya menapaki kaki di Desa Penyaring belasan tahun yang lalu belum ada kemajuan yang signifikan terhadap kemajuan petani, peternak, dan nelayan di Desa Penyaring.

Bukankah kemiskinan yang paling banyak ditemui pemerintah adalah di Desa dan bukan di pusat kota.

Hari ini saya berharap agar pemerintah melalui leading sektor terkait datang dan turun kepenyaring untuk melihat apa saja potensi yang ada di Penyaring. Dan bukankah tujuan menjadi pemimpin adalah tiada lain dan bukan selain untuk memakmurkan rakyat, huallahualam bissawab.

Hermansyah Idris

Leave A Reply

Your email address will not be published.