Pemerintah Perkuat Akses Internet Di Wilayah SKPT

JAKARTA,Harnasnews.Com  – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersinergi memperkuat akses jaringan informasi (internet) di wilayah pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Sinergi dilakukan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komunikasi di Sektor Kelautan dan Perikanan yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto dan Sekretaris Jenderal Farida Dwi Cahyarini di Kantor KKP Jakarta, Kamis (18/1).

Adapun fokus perjanjian kerja sama ini ialah penyediaan layanan akses internet untuk pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT), pengembangan dan pemanfaatan aplikasi informatika serta pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi, serta penyediaan dan pemanfaatan sumber daya frekuensi radio di sektor kelautan dan perikanan di pengembangan konten dan diseminasi informasi di sektor kelautan dan perikanan.

Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto menjelaskan akses internet merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk mendorong kinerja petugas KKP saat bekerja di SKPT yang mayoritas terletak di pulau terluar Indonesia. “Banyak wilayah nelayan, saya pernah ke Natuna, ada wilayah sulit. Kalau tidak dipasang satu sistem yang memadai, tidak bisa melakukan komunikasi. Sehingga adanya akses internet bisa kita prioritaskan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekjen Kemkominfo Farida Dwi Cahyarini mengungkapkan penandatanganan kerja sama ini merupakan bentuk komitmen dari pemerintah untuk mendukung penyediaan jaringan atau akses internet khususnya di kawasan SKPT milik KKP. “Kami akan membantu dalam hal akses. Bantu dalam hal aplikasi untuk KKP,” sebutnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.