Penetrasi Layanan Digital di Indonesia Terus Meningkat 

Di Tengah Pandemi Covid-19

Di tempat yang sama, Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan di masa pandemi, layanan digital dan e-commerce menjadi pilihan kebanyakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian.

Beberapa sektor startup seperti healthtech, e-groceries, marketplace dan logistik mengalami pertumbuhan permintaan yang signifikan. Tidak hanya startup retail, peranan startup berbasis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga sangat membantu sektor UMKM beradaptasi dengan perubahan.

“Untuk dapat menjaga momentum baik di industri startup ini, para pelaku startup perlu untuk terus berinovasi dan menciptakan produk dan layanan yang dapat menjawab permasalahan dan tantangan masyarakat yang semakin beragam ke depannya,” kata Semuel.

Sementara itu, Head of Advisor Finasialku.com, Robby Christy mengatakan keuangan adalah salah satu faktor penting dalam membangun bisnis. Maka dari itu, pengelolaan keuangan menjadi hal wajib bagi para pengusaha.

Dalam merencanakan keuangan harus disusun sesuai prioritas keuangan. Pertama, pastikan keuangan aman. “Perlu menyiapkan dana darurat, atur cash flow, dan asuransi,” ujarnya.

Selanjutnya, jika sudah memiliki keuangan yang aman, baru penuhi kenyamanan keuangan. “Dengan mencari sumber pendapatan tambahan. Misalnya dengan berinvestasi, baik itu investasi cash flow ataupun capital gain,” jelasnya. (Ref)

Leave A Reply

Your email address will not be published.