Pengamat Apresiasi Upaya Penyatuan KNPI

“Jadi pola kompromi dan leadership atau kepemimpinan yang dapat merangkul semua elemen yang berkepentingan di tubuh organisasi KNPI itu sangat dibutuhkan.. Oleh karenanya langkah Anderas dalam menyatukan KNPI sudah sangat tepat dan perlu didukung semua elemen OKP yang lain,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) terpilih, Raden Andreas Nandi Wardhana mengajak segenap pemuda yang tergabung dalam wadah berhimpun organisasi kepemudaan agar kembali bersatu.

Andre mengungkapkan, sebagai organisasi kepemudaan,  KNPI merupakan wadah berhimpun yang memiliki latar belakang dan pendidikan yang sangat plural dan dinamis, sehingga KNPI memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa.

Menurut dia, tidak mudah membangun sebuah organisasi kepemudaan. Pasang surut organisasi ini telah dilalui.  Sehingga dinamika di tubuh organisasi kepemudaan itu cukup dinamis.

“Oleh sebab itu, kami berharap bahwa Kongres XVI sebagai ajang pemersatu bagi organisasi KNPI yang sempat mengalami perpecahan itu,” kata Andre dalam keterangan persnya, Senin (20/9/2021).

Perpcahan di tubuh KNPI, lanjut Andre, bukan hanya berimbas pada organisasi itu sendiri, tetapi juga berdampak pada konflik di tubuh OKP yang ada di bawahnya, karena dukung mendukung kepada salah satu kubu.

“Oleh karenanya, kami membuka ruang agar pemuda yang terpecah belah agar kembali menyatu dalam wadah berhimpun KNPI Kongres XVI Lombok ini,” imbau Andre.

Sebelumnya, Tiga kelompok Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) islah. Mereka sepakat menggelar Rapimpurnas dan Kongres bersama XVI pada 2021.

Ketua umum dari tiga kubu KNPI, yaitu Noer Fajrieansyah, Abdul Azis, dan Mustahuddin, berkumpul bersama di Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Mereka menandatangani kesepakatan bersama didampingi Sekretaris Jenderal masing-masing, yaitu Addin Jauharudin, Jackson AW Kumaat, dan Yamitema Tirtajaya Laoly.

“Hari ini sangat bersejarah bagi pemuda Indonesia karena berdasarkan kesadaran bersama kami pimpinan dari tiga kelompok DPP KNPI pada hari ini sepakat konflik yang selama ini terjadi harus diakhiri dan jangan ada lagi perpecahan pemuda ke depannya. Karena itu kami bertemu hari ini untuk melaksanakan kongres bersama sesuai dengan harapan pemerintah dan OKP yang selama ini bernaung di bawah DPP KNPI,” ujar Addin, Sekjen DPP KNPI versi Noer Fajrieansyah, dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.*

Leave A Reply

Your email address will not be published.