Polres Batu Sweeping Cipta Kondisi Cegah Massa Jelang 22 Mei

BATU,Harnasnews.com – Langkah preventif guna pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terlebih dapat atmosfir politik menjelang pengumuman Pemilu 22 Mei, Polres Batu menggelar sweeping dalam giat cipta kondisi dan patroli pada, Sabtu (18/5/2019) pukul 23.30 hingga Minggu (19/5/2019) dini hari.

Giat yang didukung 57 personel dari semua satuan fungsi kepolisian dan satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kota Batu, menyasar pengguna jalan yang kedapatan membawa benda tajam, senjata api, benda atau bahan terlarang hingga petasan, dalam wujud memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, juga mempertahankan kondusifitas Kota Batu.

“Anggota kita mulai dari Reskrim, Reskoba, Sabhara, lantas, intel, Polsek jajaran hingga satpol PP, malam hingga dini hari ini mensukseskan upaya cipta kondisi. Tujuan utamanya ialah mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Batu,” ungkap Kabag OPS Polresta Batu Kompol Endro Sujiat, SH.,MM,MH saat diwawancarai awak media.

Endro menambahkan, “giat gabungan ini mengantisipasi tindak kejahatan seperti curat, curas dan curanmor, demikian juga peredaran narkoba, handak dan sajam,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam razia berdurasi 60 menit tersebut menitik beratkan pada penindakan kepemilikan barang bawaan terlarang yang memicu munculnya keseresahan. Diawali dengan pemeriksaan dokumen dan kelengkapan berkendara, seperti surat-surat serta barang-barang yang ada dalam kendaraan, razia cipta kondisi juga memberikan himbauan untuk mendukung keamanan daerah terutama saat pengumuman hasil pemilu pada 22 Mei nanti.

“Selain razia kendaraan, patroli cipta kondisi juga menyasar tempat-tempat keramaian serta lokasi-lokasi yang rawan kejahatan,” tegas Endro.

Komisaris Polisi itu juga mengungkapkan, bahwa operasi yang digelar pada Sabtu malam hingga dini hari itu, tidak ditemukan benda-benda berbahaya, maupun yang mencurigakan. Menunjukkan, Kondusifitas Kota Batu masih berjalan aman dan lancar.

“Malam ini memang nihil hasil untuk sasaran utama kita, meski demikian kami (Polres Batu) wajib selalu waspada dan tidak boleh lengah terhadap gangguan Kamtibmas,” pungkasnya.(Teddy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.