REI Dorong Pemerintah Bangun Sentra Pariwisata Kelas Dunia

“Negara Indonesia sama-sama di daerah Asia Tenggara memiliki lokasi yang sama hanya mendapatkan pariwisata $12 miliar USD,” kata Soelaeman.

Soelaeman menjelaskan perbandingan pendapat di dunia pariwisata, khususnya di negara Asia. Pariwisata di Thailand pendapatannya mencapai $46 miliar US, Singapura $27 miliar USD, Malaysia $30 miliar USD, Jepang $36 miliar USD dan Indonesia  $12 miliar USD.

Bagi Soelaeman, sangat tidak masuk akal Indonesia hanya mendapatakan $12 miliar USD dengan wilayah yang cukup luas dan jauh lebih banyak memiliki

Wilayah Potensial Pariwisata Dunia

Karena itu, saran dia, perlu strategi lompatan pengembangan pariwisata agar menjangkau pasar-pasar dunia. Dia mengusulkan, program kemajuan pariwisata Indonesia dengan target pendapatan $25 – $40 miliar USD. Perbandingan pendapatan pariwisata Singapura dengan Bali. Bali pendapatannya mencapai $4,8 miliar USD dan Singapura $27 miliar USD.

“Dari segi wilayah, Bali memiliki luas 5 kali dari Singapura. Saya yakin, Bali bisa dikembangkan setara dengan Singapura untuk pendapatan Parwisata sebesar $27 miliar USD,” tuturnya. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.