Sandiaga Berharap UMKM Jadi Penopang Kebangkitan Ekonomi Kalbar

“Baru saja saya berkunjung Pameran Jakarta x Beauty yang dikunjungi 60 ribu lebih pengunjung yang menginginkan produk-produk kecantikan lokal untuk bisa bersaing di pasar global. Dan ternyata produk kecantikan lokal yang kita miliki tidak kalah,” ujar Menparekraf Sandiaga, dikutip dari republika.

Ekonomi kreatif Indonesia masuk dalam peringkat 3 besar dunia dari segi persentase terhadap PDB nasional. Indonesia berada di posisi ke-3 setelah Amerika Serikat dengan Hollywood, dan Korea Selatan dengan K-pop.

Sebanyak 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hampir 14 juta lebih di sektor pariwisata dan 20 juta di sektor ekonomi kreatif.

“Kami percaya sektor ini dapat membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menjelaskan, kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno menjadi motivasi bagi masyarakat di Kubu Raya untuk lebih kreatif memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

“Dengan sistem data kami yang sudah baik, ini menjadi penting bagi kami untuk mengetahui dari waktu ke waktu perkembangan UMKM dan pelaku ekraf hingga serapan KUR (kredit usaha rakyat). Dan juga mendorong anak-anak muda menciptakan peluang baru memanfaatkan sumber daya alam sehingga angka pengangguran bisa berkurang,” ujarnya.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.