Sudah Rampung Proyek Prasarana Pengendalian Banjir Tukad Mati Tengah

Nasional

BALI,Harnasnews.com – Pengerjaan Proyek Pembangunan Prasarana Pengendalian Banjir Tukad Mati Tengah, Legian yang dikerjakan selama dua tahun sejak Desember 2017
dinyatakan telah rampung akhir Desember 2019.

“Proyek ini untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di saat musim hujan itu kini dalam masa pemeliharaan sampai akhir tahun ini,” jelas Kasatker Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali – Penida
Made Deni Satya Wijaya, Jumat (29/5/2020).

Dikatakan Deni selain masa perawatan saat ini oleh kontraktor, pihaknya juga melakukan berbagai kegiatan dalam mendukung penyempurnaan kawasan tersebut. Sebab sesuai rencana di kawasan Tukad Mati itu akan dikembangkan sebagai objek wisata baru. “Lokasinya sangat strategis sehingga sangat cocok untuk mendukung pariwisata,” jelasnya pada awak media.

Karena itu di kawasan tepi Tukad Mati juga dilakukan penataan dengan penanaman pohon yang mendukung kawasan tersebut. “Sudah disepakati untuk menanam pohon Tabebuya dengan berbagai warna bunga”, jelasnya.

Pihaknya juga ada pengerjaan tanggul (parapet). Diakui Deni dalam pengerjaaan dan penataan kawasan Tukad Mati itu memang ada pohon yang juga ikut dirapikan. Ia berharap kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

Proyek penataan alur Tukad Mati Legian yang merupakan kolaborasi antara Pemkab Badung (DLHK -red) dengan BWS Bali Penida sempat dipertanyakan sejumlah warga sekitar, pasalnya taman pendukung kawasan itu sebagaimana ada dalam gambar belum terealisasi.

Menurut Deni, pihak balai bertugas menata kawasan sungai dan dinding sungai, sementara Pemkab Badung menata pertamanan yang diwacanakan menjadi Taman Giri Tabebuya. Meski proyek penataan sungai sudah rampung, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar penataan sungai ini akan sesuai dengan harapan.

Sebelumnya Ketua LPM Legian Puspa Negara mengatakan pada 1 Juni 2020 direncanakan akan mulai dibuka destinasi di Badung dimana alur Tukad Mati ini akan dijadikan taman interaktif di era new normal. Karena itu mantan Anggota DPRD Badung ini berharap proyek penataan alur Tukad Mati dengan tamannya bisa rampung segera. (VIDI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.