Warga Penatarsewu Menyambut Baik TMMD Ke 101 Kodim 0816 Sidoarjo

Sidoarjo,Harnasnews.Com – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 dilaksanakan di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin.Digelar upacara pembukaan TMMD di lapangan desa Penatarsewu Kec Tanggulangin Kab Sidoarjo, Rabu(04/04/18).Wakil Bupati Sidoarjo H.Nur Ahmad Syaifuddin yang bertindak sebagai inspektur jalannya upacara yang diikuti oleh TNI, Polri serta masyarakat dan pelajar.

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sidoarjo seperti Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, Kapolres Sidoarjo serta Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan dan Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Wayan Karya, SH, M,Hum hadir dalam kesempatan tersebut. Selain itu juga dihadiri oleh Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Nav M Zulkifli.

Dalam acara upacara Pembukaan ini Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin mengatakan, program TMMD dilaksanakan selama 30 hari mulai tanggal 4 april-3 Mei 2018.Sasarannya adalah daerah yang terisolir, terpencil, dan terbelakang serta tertinggal.

Kesuksesan pelaksanaan TMMD membutuhkan peran dan kerjasama dari berbagai pihak dalam Pelaksanaan TMMD sendiri harus mengkedepanan keterpaduan, kepedulian serta koordinasi dan gotong royong.

Oleh karena itu partisipasi aktif dari masyarakat juga sangat diperlukan demi suksesnya pelaksanaan TMMD tahun ini.Program TMMD mampu membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hal tersebut dengan harapan dapat mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan.
Sementara itu Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono mengatakan, dipilihnya Desa Penatarsewu karena sebagai desa terisolir maupun terpencil. Namun di nilai sebagai wilayah yang membutuhkan percepatan pembangunan oleh Kabupaten Sidoarjo sendiri, ujar Dandim 0816 Sidoarjo.

Ia mengatakan ada 150 personil TNI dari berbagai kesatuan yang akan diterjunkan dalam TMMD kali ini. Selain dari Kodim 0816 Sidoarjo sendiri, Yon Arhanudse-8 Sruni Gedangan, Pasmar-1 Gedangan serta Yon Zipur-5 Kepanjen Malang dan Polresta Sidoarjo.Letkol Inf Fadli Mulyono juga menambahkan, dalam pelaksanaan TMMD pekerjaan yang di lakukan ada enam sasaran fisik, dan empat sasaran pokok serta a 2 meliputi, pengaspalan jalan,sarana air bersih, pengerjaan saluran air,jambanisasi dan perehapan sekolah.Dalam acara upacara pembukaan tersebut dilakukan penandatanganan oleh wakil Bupati Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo serta kepala BPMPKB Sidoarjo.

Selain itu juga diserahkan alat kerja kepada salah satu personil TNI dan masyarakat secara simbolis. Dalam kesempatan itu juga,penyerahan bantuan berupa Al-Quran 1000 buku dari BMH Sidoarjo,Benih udang Fanani 1 paket,Benih nila, perpustakaan 1 paket, penyerahan 5 Kartu keluarga dan 87 E- KTP.

Setelah dilaksanakan Upacara, dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial antara lain donor darah yang diikuti oleh 68 orang, Screening mata katarak sebanyak 77 orang, pengobatan gratis kepada 83 orang, Pelayanan KB Suntik, IUD, PIL, IMLAN kepada 43 orang serta pelayanan posyandu kepada masyarakat.(Try)

Leave A Reply

Your email address will not be published.