Dinas Pendidikan Jawa Timur Olimpiade Olahraga Siswa Nasional & Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Jawa Timur

Jatim Optimistis Rebut Juara Umum O2SN dan FLS2N

BATU,Harnasnews.com  – Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur (Jatim) kembali menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 tingkat Provinsi Jatim untuk siswa SMA.

Ajang ini mempertemukan siswa-siswa juara dari tingkat kabupaten/kota. Pemenang tingkat provinsi akan dikirim mewakili Jatim ke tingkat nasional akan diselenggarakan bulan agustus di aceh.

Kota Batu diberi kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan O2SN dan FLS2N tingkat Jatim.

Sekda provinsi jawa timur Heru Tjahjono mengatakan, O2SN dan FLS2N merupakan kegiatan rutin yang seleksinya dilakukan dengan ketat mulai dari tingkat sekolah.

Ajang ini juga sebagai sarana pembinaan siswa yang handal dalam bidang seni dan olahraga. Pemprop jatim pun telah menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk ajang O2SN dan FLS2N tingkat Jatim.

“Kami harap siswa dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan daya kreatifitas,” kata heru dalam sambutannya. melanjutkan, tugas pemerintah membina semua siswa untuk mampu mengembangkan kemampuan dan bakat dalam bidang apapun. Sedangkan sekolah dan siswa harus mampu mengasah diri agar mampu membawa nama baik Provinsi Jatim di kancah nasional.

Dalam kesempatan yang sama, PLT Kepala Dindik Jatim Drs.Hudiyono berharap seluruh peserta  menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dalam lomba.

Dengan begitu, penyaringan siswa terbaik tingkat Jatim ini dapat menghasilkan produk yang benar-benar unggul dalam bidangnya. “Kami harap sportivitas dikedepankan dalam O2SN dan FLS2N ini,” katanya.

Hudiyono juga berharap, siswa dari Jawa timur mampu meraih prestasi tingkat nasional dalam ajang yang sama. Bahkan tidak tertutup kemungkinan mampu membawa Jatim di kancah internasional. “Dalam delapan kali penyelenggaraan, Jatim sudah juara umum tingkat nasional sebanyak tujuh kali. Tahun ini mudah-mudahan kembali raih juara umum,” tegasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Menengah Atas Dindik Jatim, Ety Prawesti menambahkan, terdapat lima cabang olahraga yang dilombakan untuk O2SN SMA. Terdiri atas cabang atletik yang diikuti 152 peserta, renang 76  peserta, cabang bulu tangkis  76 peserta, Karate diikuti 152 peserta, dan Pencak Silat diikuti 152 peserta. “Total 540 peserta, pelatih, dan offisial ,” katanya.

Sedangkan untuk FLS2N cabang pertunjukan ada 5 melombakan (Pertunjukan) Baca Puisi diikuti 38 peserta,Gitar Solo diikuti 30 peserta,Monolog diikuti 76 peserta,Tari Kreasi diikuti 114 peserta,Vokal Solo diikuti 76 peserta serta ada (Penciptaan) ada 4 Cipta Puisi,Desain Poster diikuti 76 peserta,Film Pendek diikuti 76 peserta,Kriya diikuti 76 peserta ungkap Ety.

“Total peserta, pelatih, dan offisial FLS2N Sementara total peserta, pelatih, dan offisial FLS2N SMA sebanyak 646 orang,” ujar Ety Prawesti.

Ajang O2SN tingkat SMA dimulai sejak Senin (22/7/2019) dan berakhir Jumat (26/7/2019) mendatang. Sedangkan FLS2N SMA baru digelar Jumat (26/7/2019) sampai Senin (29/7/2019). “Kami optimistis Jatim mampu meraih juara umum tingkat nasional,” pungkasnya. [PUL]

Leave A Reply

Your email address will not be published.