Harian Nasional News Group

“Membangun Generasi Berkarakter Sejak Dini, Pemda Pacitan dan Dindik Jatim Bersinergi”

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Ramliyanto memberikan Tali Asih Kepada Anak Yatim dan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

SURABAYA,Harnasnews.com – Guna menciptakan generasi emas yang berkualitas unggul Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Timur bersinergiritas dengan Pemerintah daerah (Pemda) Pacitan, Sementara itu Bupati Pacitan Indartato mengatakan, Dengan beralihnya kewenangan pengelolaan SMK/SMA oleh Pemerintah Provinsi tak menyurutkan semangat Pemerintah Kabupaten untuk turut serta memberikan pembinaan, kepentingan pendidikan anak lebih diutamakan. Terlebih, lembaga sekolah tersebut tetap berada di pangkuan wilayah kabupaten.

“Kita terus memberikan dukungan melalui cara lain, salah satunya membangun sinergitas dengan provinsi dalam bentuk komunikasi dan koordinasi, untuk memberikan pembinaan Demi kemajuan anak-anak didik kita yang berada di SMK/SMA,”ujar Bupati usai membuka Pameran Karya Unggulan SMK, PK-PLK dan SMA Double Track Kewirausahaan se Kabupaten Pacitan,Kamis (13/02/2020).

Indartato menambahkan, Pemkab akan menfasilitasi karya siswa dan siswi di kejuruan, dengan pameran-pameran serta promosi wisata daerah. Banyak karya serta produk unggulan SMK yang layak bersaing dengan industri luar. Dan kesemuanya itu, memanfaatkan potensi lokal di Bumi kelahiran Presiden ke 6 RI SBY tersebut, ada beberapa potensi seperti Batik, Kayu untuk bahan mebel , batu alam serta bahan olahan dari hasil bumi.

“Saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini, Dan ini dapat menjadi agenda tahunan yang di laksanakan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Pacitan, serta untuk menunjukan karya-karya dari para anak didik kita,”ungkapnya.

Sementara itu dukungan serta penghargaan juga disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Ramliyanto yang menuturkan, jika Kabupaten Pacitan merupakan satu diantara Kabupaten/Kota di Jawa timur yang memberikan dukungan kuat terhadap perkembangan SMK/SMA serta PK-PLK.

“Yang pastinya dukungan itu tidak berorientasi materi namun dalam bentuk lain. Salah satunya fasilitasi anak anak untuk memamerkan hasil Karyanya, dan saya melihat banyak support yang diberikan pemerintah Kabupaten untuk kemajuan SMK/SMA,”ucapnya.

Saat ditanya terkait masih tingginya lulusan SMK yang belum mendapat pekerjaan, Ia menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan tiga langkah strategis. Yakni, Link and Match atau membangun kerjasama dengan dunia usaha dan industri.

“Selain itu meningkatkan kualitas keahlian lulusan SMK serta memperkuat atribut personal lulusan SMK agar memiliki etos kerja ulet serta tangguh,”tandasnya.

Sementara itu Kepala cabang dinas wilayah Pacitan  dinas pemdidikan jawq timur,Yusuf menuturkan bahwa pihaknya

Selalu berupaya maksimal untuk bekerjasama dengan pemerintah kabupaten pacitan didalam hal semuanya.dibuktikan dengan hari ini kerjasama itu betul betul sangat erat sekali.

Kehadiran pak bupati,wakil bupati,forkopimda dan pejabat pemda hadir semua.itulah bukti kami bekerjasama dengan beliaunya dan kita saling mengisi kekurangan kebutuhan mereka saling kita isi.

Kami akan fokus untuk meningkatkan pendidikan  serta mengembangkan kompetensi siswa,di SLB/PK-PLK,SMA double tracknya,SMK dengan kompetensinya Selain itu kami juga mengembangkan literasinya.

Kami sudah mulai merintis literasi dipacitan mulai bulan maret 2019,sudah mampu menciptakan 78 judul buku dari guru SMA,SMK dan siswa dan ini akan kami dorong terus. bekerjasama dengan penerbit tlaga ilmu dalam rangka pelatihan literasi yang kita lakukan ini penerbit tanpa meminta biaya siapa pun.(PUL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.