Harian Nasional News Group

Pembinaan Pramuka SWK Untuk Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter

Nasional

BALI,Harnasnews.com – Pembinaan terhadap generasi muda yang memiliki sikap dan karakter kuat serta jati diri yang baik harus terus menerus dilakukan.

Seperti yang dilaksanakan oleh Korem 163/Wira Satya dengan menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Tri Wulan II Tahun Anggaran 2020, bertempat di Gedung Wira Satya Makorem 163/Wira Satya, Minggu (28/06/2020).

Tema dari kegiatan tersebut yaitu Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Bertujuan Mengajak Generasi Muda Untuk Terus Berkreasi, diharapkan kegiatan seperti ini akan mampu membentuk generasi muda bangsa yang semakin berkualitas yang memiliki kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika melibatkan anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan 8 Kodim Jajaran Korem 163/Wira Satya.

Pasi Komunikasi Sosial (Pasi Komsos) Staf Teritorial Korem 163/Wira Satya Mayor Inf I Gusti Made Sweda membuka kegiatan tersebut sekaligus mewakili Danrem 163/Wira Satya.

Atas seiijin Danrem 163/Wira Satya, Mayor Inf Sweda menjelaskan kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) ini melibatkan anggota Pramuka SWK binaan Kodim Jajaran Korem 163/Wira Satya.

Dirinya juga menyebutkan mekanisme kegiatan tersebut tetap mempedomani protokol kesehatan karena dilaksanakan dalam situasi Pandemi COVID-19.

“Sebelum kegiatan dimulai, kita laksanakan pengecekan terhadap semua peserta dengan menerapkan protokol kesehatan”, ungkap Mayor Sweda.

Pada kesempatan ini para peserta mendapatkan beberapa materi pembekalan maupun praktek lapangan, antara lain, materi Empat Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Materi Sejarah Nasional Indonesia. Materi Paham Radikalisme dan Bahaya Laten Komunis dan juga Materi Proxy War atau Perang Proxy.

Peserta kegiatan juga melaksanakan Senam Pramuka yang dipandu oleh Satgas SWK, kemudian materi Outbound, Praktek Navrat dan Pioneer, materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan tata cara penghormatan.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan lomba tebak gambar, kuis, pembagian hadiah serta pembagian masker dan hand sanitizer.

Kodim Tabanan Gelar P4GN, 58 Personel Dites Urine

Tabanan-Bali Narkoba sudah menjadi musuh bersama bagi kita karena akan dapat merusak tatanan kehidupan mulai dari perorangan, keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara. Untuk itu Kodim 1619/Tabanan secara rutin menggelar kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba atau P4GN.

Kegiatan P4GN Triwulan II Tahun Anggaran 2020 tersebut dilaksanakan Senin (29/06/2020) di Makodim 1619/Tabanan dengan materi berupa penyuluhan dan juga ditindaklanjuti dengan melaksanakan tes urine secara acak terhadap anggota militer maupun PNS Kodim 1619/Tabanan.

Walaupun di masa Pandemi COVID-19, program tersebut harus tetap dilaksanakan yang merupakan salah satu Program Kerja Kodim 1619/Tabanan di bidang Intelijen dalam rangka mencegah agar anggota Kodim 1619/Tabanan baik militer maupun PNS terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Hal tersebut diantaranya yang disampaikan oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto saat memberikan arahan kepada seluruh anggota pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa Narkoba masih menjadi ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan hidup suatu bangsa karena Narkoba sudah merambah ke segala lini kehidupan masyarakat tidak memandang profesi termasuk juga aparat keamanan sendiri sudah ada yang terlibat dalam Narkoba.

Untuk itu Dandim mengharapkan kepada seluruh anggota untuk jangan mencoba-coba Narkoba, jangan mendekati apalagi menggunakan Narkoba, kita harus jauhi Narkoba, termasuk kepada seluruh anggota keluarga kita.

“Jauhkan Narkoba dari kehidupan kita dan keluarga kita, sanksi tegas menanti hingga pemecatan untuk anggota yang coba-coba dengan Narkoba” tegas Dandim.

Selain itu Dandim juga mengingatkan di masa Pandemi COVID-19 sekarang ini pemerintah sudah mengajak kita untuk menyongsong memasuki masa era baru atau New Normal untuk memasuki kehidupan baru dengan tetap hidup produktif namun tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, PHBS dan lain-lain.

“Kita juga akan menggelar operasi pendisiplinan masyarakat dengan tetap mengedepankan sikap yang humanis namun bertanggung jawab dan terus melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait”, tutupnya

Sementara Pelaksana Tugas Pasi Intel Kapten Inf I Ketut Suparta seijin Dandim menerangkan bahwa Dalam kegiatan P4GN kali ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan pakai sabun, wajib pakai masker dan jaga jarak (physical distancing) dengan mengatur mekanisme kegiatan dalam dua jenis kegiatan yaitu dengan menggelar penyuluhan yang dibagi menjadi tiga gelombang dan melaksanakan test urine secara acak terhadap anggota militer maupun PNS yang ditunjuk.

Sementara penyuluhan diisi oleh Kasdim 1619/Tabanan, Mayor Inf Dewa Putu Oka, Pelaksana Tugas Pasi Intel Kapten Inf I Ketut Suparta dan Danramil 1619-03/Pupuan Kapten Inf I Made Sudiarcana.

Dari 58 personel yang melaksanakan tes urine secara acak tersebut, tidak ditemukan yang terindikasi menggunakan Narkoba.(VIDI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.