Ke Tawangmangu, Jangan Lupa Beli Salak Pondoh Lawu

Tekstur daging Salak Pondoh Lawu, daging tebal dan padat, kandungan air tinggi, rasanya manis ada asamnya sedikit. Foto : Cj

KABUPATEN BOGOR – ( HARNASNEWS.COM ) – Buah Salak, sebagian kita akan selalu ingat Sleman, Jogyakarta. Karena disana terkenal dengan Salak Pondohnya. Tapi Jangan salah, di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, ada juga Salak khas yang tidak kalah enaknya. Namanya Salak Pondoh Lawu.

Asal mula Salak Pondoh Lawu juga dari Sleman, Jogya. Tapi pada saat di tanam di Tawangmangu, hasilnya berbeda. Salak Sleman dikenal dengan masir-nya. Sementara Salak Lawu lebih berair, padat dagingnya, manis serta ada rasa asamnya sedikit.

Hal ini terjadi karena perbedaan suhu, iklim dan kondisi tanah. Tawangmangu lebih lembab, suhu dingin dan tanahnya tidak berpasir. Dari situlah munculnya rasa yang berbeda dengan Salak yang ada di Sleman. Meskipun bibitnya berasal dari tempat yang sama.

Hal tersebug disampakkan Salah satu petani Salak di Tawangmangu, Lilik.
” Salak Pondoh Lawu bibitnya juga berasal dari Sleman, Jogya. Dibawa ke Tawangmangu kurang lebih 25-30 tahun yang lalu. Buahnya menjadi agak beda karena tekstur daging dan rasanya berbeda. Lebih berair, Manis ada asemnya dan dagingnya padat ” ujar Lili kepada Harnasnew.com di kebunnya Tawangmangu, Kamis, 17/11.

Lilik ( 53), petani Buah Salak di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu. Foto : Cj

Saat ini Lilik mengelola 7000 m2 lahan salaknya. 2000 meter di area tempat tinggalnya dan 5000 meter terpisah, di sebelah bawah kampungnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.