AMAN Sumbawa teken MOU dengan BUMMA

SUMBAWA,Harnasnews  – Kegiatan yang diselenggarakan oleh AMAN Sumbawa hari ini, Minggu 24 Maret 2024 yang bertempat di hotel Suci Sumbawa Besar merupakan lanjutan dari program AMAN Sumbawa atas kerjasama dengan voice global.

Kegiatan ini adalah serangkaian kegiatan AMAN Sumbawa dalam program voice ini yakni Bagaimana membangun strategi pemasaran Produk unggulan komunitas adat yang Sudah dimiliki selama ini. Kami tahu dan sangatlah yakin bahwa dari sekian banyak produk masyarakat adat pasti ada yang diunggulkan.

Kegiatan hari ini adalah sebagai bentuk memperkuat produk unggulan tersebut. Kami berapa waktu lalu mengikuti kegiatan dengan ibu Faizah ketua perempuan adat Tatar sekaligus ketua BUMMA Tatar mengikuti kegiatan di Bali yang merupakan rangkaian kegiatan ini, sama tidak ada lain bagaimana masyarakat adat ini menjadi berkertif dan mampu mengolah sumber daya ekonomi masyarakat adat yang dimiliki, Ungkap Aryansyah yang mewakili ketua BPH AMAN Sumbawa.

Bung Febri Didalam kesempatannya bersama staf program sekaligus OKK dari PD AMAN Sumbawa, mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini adalah tindaklanjuti dari program yang ada, kita hari ini ber MOU , MOU ini kedepannya sebagai bentuk memperkuat semua BUMMA produk-produk masyarakat adat diperkuatkan dan dipasarkan kedepannya.

Karena disamping dipasarkan baik lokal maupun nasional bahkan internasional tentu juga dalam masyarakat sendiri adalah bagian yang paling terpenting adalah mampu bersaing kuat dalam mendorong UMKM masyarakat adat maupun khususnya daerah kita sendiri.

Jadi ibu-ibu yang tergabung dalam BUMMA ini terus bergerak unggulkan setiap apa yang menjadi produk unggulan komunitas adat. Kegiatan yang difasilitasi oleh DR. Ahmad Yamin,DH.,MH bahwa BUMMA ini adalah bagian dari starategi pengolahan ekonomi masyarakat adat, dibuat, ditampung produknya dan dipasarkan kedepannya.

Sehingga apa yang harus dilakukan oleh ibu-ibu yang tergabung dalam BUMMA ini adalah perkuat jaringan terutama organisasi BUMMA nya baik dari ketua sekretaris bendahara dan anggota harus mampu sama-sama menjadi penggerak. Secara terpisah Jasardi sebagai pelaksana tanggung jawab kegiatan ini, ini tidak berhenti sampai disini ada lagi kegiatan lanjutan bahkan terakhir ini adalah launching kegiatan dan penutupan kegiatan akhir yang Sudah berjalan kurang lebih 1 tahun ini.

Insya Allah kita lanjutkan lagi ke kegiatan lainnya, di bulan Ramadhan ini kita harapkan doa yang terbaik sabar dan ikhlas semoga apa yang menjadi cita-cita masyarakat adat dapat tercapai dalam kemandirian ekonomi masyarakat adat, berdaulat dalam politik dan bermartabat secara budaya.

Ia harapan saya sederhana gak perlu muluk -muluk ada terus aktivitas masyarakat adat baik ada program dari AMAN atau pendonor lain masyarakat adat terus berjalan .

Jadi , dan jangan terlalu banyak berharap dengan AMAN, lakukan saja dan bergerak terus di lapangan. Ungkap Jasardi. Diakhir kegiatan MOU dituangkan dalam kerjasama yang baik antara PD AMAN Sumbawa dengan masyarakat adat.

Dari AMAN Sumbawa diwakili oleh DR. Andi Haris, M.Pd sedangkan dari perwakilan masyarakat adat adalah ibu Faizah masyarakat adat Tatar dan ikutin yang lainnya.(Hermansyah/Ril)

Leave A Reply

Your email address will not be published.