Antisipasi Banjir, Kecamatan Rawalumbu Bersama DBMSDA Lakukan Pematusan Sungai Crossing Tol

KOTA BEKASI,Harnasnews.com – Menghadapi musim penghujan dan mengantisipasi banjir yang kerap melanda beberapa titik di wilayah Kota Bekasi, Kecamatan Rawalumbu bersama petugas gabungan dari DBMSDA Kota Bekasi melakukan bersih bersih kuras Sungai di wilayah Perumahan Pondok Hijau Permai, Jumat (17/05/24).

Melihat kondisi beberapa titik di wilayah kecamatan Rawalumbu, pihaknya melakukan pematusan sungai dengan pengangkatan sendimen lumpur yang membuat volume air lebih tinggi.

Dikonfirmasi awak media, Sekretaris Camat Rawalumbu Yudistira mengatakan bahwa aksi kebersihan ini digelar sebagai upaya pencegah ancaman banjir.

“Petugas kecamatan, kelurahan, RT, RW dan DBMSDA melakukan pengerukan sedimen (pasir, lumpur, endapan) untuk mengurangi banjir dan memperlancar aliran sungai,” kata Yudistira.

Dengan dilakukannya pengerukan sedimen ini, ia turut mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di aliran sungai.

“Kami semua juga turut mengajak masyarakat Rawalumbu sadar untuk menjaga kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan yang mengakibatkan tersumbatnya aliran air karena kebersihan kan bagian dari iman juga,” tutupnya.

Petugas mengerahkan satu unit alat berat untuk mengeruk sendimen yang berada di sungai tersebut. Selanjutnya hasil dari kerukan itu diangkut menggunakan truk yang telah disediakan.

Petugas melakukan normalisasi Crossing Tol Bekasi Timur, Pondok Hijau Permai RW 25 Pengasinan sepanjang 10 meter. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.