Apel Siaga Dan Razia Gabungan Sebagai Bentuk Sinergitas Lapas Kelas IIB Pasuruan Di Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 60

 

PASURUAN, Harnasnews – Menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1445 H/2024, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan Kanwil Kemenkumham Jatim melaksanakan apel siaga jelang Hari Raya Idul Fitri, pada hari Jumat (05/04/2024).

Pada kesempatan tersebut, Lapas Kelas IIB Pasuruan juga melaksanakan Razia Gabungan yang merupakan rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke 60, Kementrian Hukum dan HAM.

PKepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Pasuruan, Ma’ruf Prasetyo Hadianto dalam sembutan menyampaikan amanat yang diberikan oleh Ditjen Pemasyarakatan, Kemenkumham RI.

“Hari ini saya menyampaikan amanat yang Ditjen Pemasyarakatan yang meliputi Deteksi dini, Brantas Narkoba dan meningkatkan sinergitas antar lintas sektoral, seperti acara ini yang di hadiri langsung Kapolres Pasuruan Kota, Dandim 0819/Pasuruan, BNN, dan Kepala Rubasan,” urai Kalapas.

Tak lupa, Kalapas juga menitipkan diri bersama seluruh jajaran kepada Polres Pasuruan Kota dan Kodim 0819/Pasuruan dalam melaksanakan seluruh kewajiban dan tugas yang di emban oleh Kalapas beserta jajaran.

“Saya ucapkan banyak terima kasih atas sinergitas yang telah teejalin antara Lapas Kelas IIB Pasurian dengan pihak Polres Pasuruan Kota dan Kodim 0819/Pasuruan. Disini kami yerus meningkatkan pelayanan serta terus berkordinasi dalam mewujudkan amanat dari Ditjen Pas Kemenkumham RI,” terang Ma’ruf.

Kegiatan yang dilanjutkan Razia Gabungan di empat Blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Pasuruan. Disini Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Makung Ismoyo Jati bersama Dandim 0819/Pasuruan ikut serta dalam pelaksanaan razia.

Dalam razia ditemukan beberapa barang didalam ruangan hunian WBP, barang tersebut di sita serta didata dan akan dimusnahkan. Secara acak dilakukan test urine kepada 20 orang WBP Lapas Kelas IIB Pasuruan.

“Didalam razia tidak ditemukan barang yang berbahaya, hanya ditemukan barang yang masuk tingkat kewajaran dan nanti akan dimusnahkan.

Dari testurine yang dilakukan secara acak, semua WBP negative dan membuktikan dalam lapas bebas dari Narkoba,” pungkas Taufiqul Hidatullah selaku KPLP Lapas Kelas IIB Pasuruan.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.