Azis Syamsuddin Minta Masyarakat Bantu TNI/Polri Waspada Ancaman Teror

JAKARTA, Harnasnews.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPR RI) Azis Syamsuddin meminta seluruh kelompok masyarakat turut aktif membantu anggota TNI/Polri mewaspadai ancaman teror di lingkungannya masing-masing.

“Pencegahan dini datang dari masyarakat. Itu yang paling pokok. DPR berharap masyarakat pun tetap waspada dan respons terhadap kegiatan-kegiatan yang mencurigakan,” kata Azis kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Walaupun demikian, ia mendorong masyarakat tetap menggunakan cara-cara yang persuasif jika menemukan situasi yang mengarah pada paham radikal terorisme.

Dalam kesempatan itu, Azis menegaskan tokoh-tokoh agama memiliki kemampuan mencegah perpecahan dan mengantisipasi gerakan serta paham radikalisme dan terorisme.

“Kami mengajak seluruh tokoh dan umat beragama untuk memelihara persaudaraan dan menghindari kegiatan yang mengarah pada perpecahan antarkelompok masyarakat,” ujar Azis menerangkan.

Azis berpendapat peran tokoh agama serta tokoh masyarakat penting dalam mempengaruhi masyarakat agar tetap bertindak sesuai aturan hukum. Kedua tokoh itu juga punya kemampuan menjaga persatuan di tengah masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Azis turut mengapresiasi langkah aktif TNI/ Polri menjaga rangkaian ibadah Hari Paskah mulai dari 1-4 April 2021.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw karena keduanya meninjau langsung pengamanan Paskah di Makassar, Sulawesi Selatan, dan Manokwari, Papua Barat.

Menurut Azis, kegiatan meninjau langsung ke dua kota besar di timur Indonesia itu merupakan wujud sinergi TNI/Polri mencegah ancaman terorisme.

Leave A Reply

Your email address will not be published.