Bale Asta Dala Puri Ageng Blahbatuh Penuh Makna Sejarah Diresmikan Pimpinan TNI

 

BALI,Harnasnews  – Panglima Tentara Nasional Indonesia, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., kunjungi Puri Ageng Blahbatuh dalam rangka meresmikan Bale Asta Dala, pada Kamis (8/6/2023) berlokasi di Jalan Udayana, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

Kedatangan Panglima TNI di Puri Ageng Blahbatuh didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi bersama rombongan dan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., serta tampak hadir juga para Pejabat TNI di wilayah Provinsi Bali, disambut langsung oleh Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh menuju Pelataran Raja Dani yang menjadi tempat prosesi peresmian Bale Asta Dala.

Acara peresmian yang ditandai penandatanganan prasasti oleh Panglima TNI dan pemotongan pita tersebut, diawali dengan penjelasan tentang makna dan filosopi bangunan Asta Dala serta fungsi bangunan tersebut di dalam sebuah Puri oleh Ida Peranda Putra Kekeran Blahbatuh.

Pada kesempatan tersebut juga, Panglima TNI mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimana bangunan Bale dibuat tersebut memiliki makna yang sangat dalam dan juga bermanfaat untuk Puri Blahbatuh serta warga setempat.

Selanjutnya, Panglima TNI juga mengucapkan terimakasih kepada Pangdam IX/Udayana dan Penglingsir Puri Blahbatuh. Dimana pada kegiatan pertemuan Panglima Angkatan Bersenjata se-ASEAN di Nusa Dua yang merupakan acara strategis dan TNI menjadi bagian dari kegiatan program tersebut diberi kepercayaan menjadi tuan rumah.

Pertemuan yang dilaksanakan di Bali menjadi daya tarik dan memberikan kesan serta rasa bangga tersendiri bagi para peserta. Para delegasi merasa terkenang dan memiliki kesan yang baik terhadap Pulau Bali dengan budayanya yang menarik dan akan dipublikasikan di negaranya.

“Sekali lagi terima kasih atas dukungan semua unsur, termasuk dukungan dari Puri Ageng Blahbatuh yang sudah memberikan pengetahuan tentang kebudayaan kepada para tamu pada acara pertemuan Panglima Angkatan Bersenjata se-ASEAN,” tutup Panglima TNI.(Pendam IX/Udy/CVS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.