Beri Support Tim Satgas Haji, Kadiv Imigrasi Jatim : Tahun Ini Pemeriksaan Keimigrasian Untuk CJH Berbeda


Surabaya,Harnasnews.com – Dalam meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji di tahun 2018. Serta demi kelancaran proses pemeriksaan dokumen perjalanan calon jamaah haji (CJH) asal Embarkasi Surabaya (SUB), Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Timur melakukan berbagai persiapan.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Zakaria, didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya M. Tarmin Satiawan, saat melihat langsung proses pemeriksaan keimigrasian calon haji kloter 11 mengatakan bahwa, adapun persiapannya adalah membuat alur pemeriksaan keimigrasian baru. Jika sebelumnya para CJH menjalani pengambilan data biometrik berupa sidik jari dan foto di bandara Arab Saudi, tahun ini proses tersebut dilakukan di Indonesia, salah satunya yakni di Embarkasi Haji Surabaya.

“Proses pengambilan data biometrik para calon jamaah haji kami lakukan di embarkasi haji Surabaya,” kata Zakaria, Jumat (20/7/18).

Calon jamaah haji kini tak lagi harus mengantre berjam-jam untuk mengurus administrasi imigrasi setibanya di bandara Jeddah maupun bandara Madinah. Sebab, proses pengambilan data 10 sidik jari dan biometrik sudah dilakukan di asrama haji surabaya.

“Jadi sidik jari 10 jari, biometrik dan hal-hal lain yang berkaitan dengan dokumentasi pengurusan dokumen perjalanan sudah dilakukan di asrama haji surabaya, sehingga ketika mereka di Saudi Arabia, mereka tinggal mengecap paspor mereka dan finger print satu sidik jari saja, sehingga lebih efisien,” tuturnya.

Menurut Zakaria, dengan pengambilan sidik jari di embarkasi surabaya dapat mengurangi waktu untuk antre, sehingga CJH lebih cepat keluar dari bandara Arab Saudi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.