Berwisata Dan Belajar Budidaya Anggur Di Anggola Garden Bogor

 

Pengunjung di Anggola Garden bisa petik anggur di kebun sambil belajar teknik budidaya menanam anggur. Foto: Cj

KABUPATEN BOGOR, Harnasnews.com-Saat ini trend menanam buah Anggur sudah banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Berbagai varietas di datangkan dari luar negeri dan di introduksi di iklim tropis seperti Indonesia. Ternyata banyak yang cocok dan berbuah dengan baik.

Ada yang menanam hanya sekedar hobby, ada pula yang menanam untuk dijadikan bidang usaha. Salah satu nya adalah Anggola Garden yang berlokasi di Laladon, Ciomas , Kabupaten Bogor.

Kepada Harnasnews.com, Pengelola Kebun Anggur Anggola Garden, Uya, mengatakan, mulai menanam anggur tahun 2021. Dan mulai berbuah sejak 2 tahun yang lalu. Hampir semua varietas yang di tanam berbuah dengan baik.

” Kita mulai menanam awal tahun 2021. Dan mulai berbuah sekitar awal 2022. Semula kita hanya menanam di lahan 1500 m2, karena animo pengunjung sangat besar,  kita kembangkan lagi hingga 3500 m2 dengan Rumah Naungan berbahan baja ringan dan plastik UV. Lahan yang kita miliki sekitar 8000 m2, Kita masih terus mengembangkan lagi jumlah produksinya agar mencukupi kebutuhan konsumen yang datang kesini” ujar uya kepada Harnasnews com, Sabtu, 04/11..

Puluhan varietas ditanam di Anggola Garden, ” Total varietas yang kita tanam ada sekitar 40 jenis, diantaranya Jenis Jupiter, Julian, Gosvi, Trans, Akademik, Dixon dan lain – lain. Semuanya tumbuh bagus Dan berbuah dengan baik ” ungkapnya.

Kunci keberhasilan dari menanam anggur adalah media tanam, perawatan, pemupukan, penanganan hama dan penyakit, teknik pemotongan batang dan satu lagi syaratnya harus di bawah Naungan yang tembus sinar matahari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.