Budayawan Bekasi: “Lemah Abang” Namanya Terkikis Ditelan Zaman

Bukti-bukti sejarah menunjukan bahwa awal mula islam masuk di tanah Bekasi yaitu dari Lemah Abang, dengan ditandai adanya masjid Syiarul Islam yang berada di jalan Raya Lemah Abang, Bekasi sebagai tempat menyebarkan agama.

Lanjut Ending. “Syekh Lemah Abang,”, saat itu sempat bertemu dengan syekh Maulana Mansur dan menyampaikan amanah kepadanya agar kelak keturunannya mengabdikan diri serta meneruskan untuk berdakwah di tanah Lemah Abang, Bekasi.

“Masjid ini ada hubungannya dengan syekh siti jenar, karena dulu memang masjid ini digunakan sebagai tempat penyebaran islam di lemah abang yang dibangun pada 1915 jauh sebelum Indonesia merdeka,” tambah ketua Himpunan Masyaraat Peduli Lemah Abang (HAMPELA) sambil menunjuk sejumlah dokumen foto.

Masjid Syiarul Islam salah satu saksi bisu perjalanan panjang masuknya Islam ditanah Lemah Abang, dahulu masjid ini hanya berdinding bilik bambu namun seiring perembangan zaman arsitektur bangunan kemudian berubah dan dipugar secara perlahan.

“Dulu masjid ini hanya berdinding bilik bambu. Tetapi saat ini kondisinya sudah direnovasi total tak ada yang tersisa peninggalan lamanya,” tutup pria yang tinggal di RT.02 RW 04 nomor 117 kampung Cibeber Desa Simpangan kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. (Sygy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.