Budayawan Bekasi: “Lemah Abang” Namanya Terkikis Ditelan Zaman

BEKASI, Harnasnews.com – Di kalangan Masyaraat Bekasi Nama Lemah Abang sangat terkenal tetapi seiring perkembangan zaman namanya perlahan mulai banyak dilupakan.

Nama Lemah Abang kini tinggal kenangan. Tak banyak pula buku referensi yang menceritaan sejarah kampung ini.

Lemah Abang merupakan daerah yang cukup kental dengan sejarah. Tercatat, nama Lemah abang sendiri sempat menjadi salah satu kecamatan di wilayah Bekasi sebelum dimekarkan. Berbagai peristiwa sejarah yang cukup heroik pada masa revolusi dan penjajahan terjadi di lokasi ini. Salah satunya adalah peristiwa monumental penyerangan melalui darat dan udara yang dilakukan pasukan Sekutu pada 19 Desember 1945 ke daerah Bekasi termasuk Lemah Abang.

Namun, lambat laun namanya semakin pudar — peninggalan yang masih nampak hingga saat ini hanya stasiun yang bernama sama. Budayawan Lemah Abang Ending Hasanudin mengatakan, nama Lemah Abang saat ini hanya tinggal kenangan padahal dahulu daerah ini merupakan salah satu tempat paling bersejarah di kabupaten Bekasi.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa nama Lemah Abang merupakan nama salah satu dari tokoh penyebar agama Islam di abad ke-16, tokoh penyebar agama Islam itu adalah syekh Lemah Abang alias syeh Siti Jenar yang menyebarkan agama Islam di daerah ini dan kemudian pindah ke Banten pada masa itu.

“Nama Lemah Abang sebenarnya itu nama dari salah satu ulama besar penyebar agama islam yaitu syekh siti jenar alias syeh lemah abang,” ujarnya saat itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.