Buka Puasa Bersama Jajarannya, Pangdam Jaya Tekankan Silaturahmi Untuk Percepatan Pelaksanaan Tugas

Sementara di tempat yang sama, KH. Dr. Sibroh Malisi MA dari Cipinang Jakarta Timur dalam tausiyahnya juga menyampaikan hal yang semakna dengan Pangdam Jaya yaitu mengenai pentingnya silaturahmi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Apakah seorang hamba yang rajin ibadah, siangnya ia puasa, lalu malamnya ia sholat sepanjang malam, termasuk hamba yang mulia?,” tanya Sibroh Malisi.

Ia pun tersenyum dan melanjutkan, “Belum tentu, apabila hubungan silaturahmi hamba tersebut tidak baik dengan tetangganya. Jadi selain hubungan dengan Allah harus baik, hubungan sesama manusia juga harus baik,” urainya.

Sibroh Malisi juga menguraikan mengenai kerugian orang yang ahli ibadah tapi mengalami kebangkrutan, akibat perbuatannya sendiri. “Sesungguhnya orang yang bangkrut di antara umatku ialah orang yang pada hari kiamat datang dengan membawa pahala sholat, puasa dan zakat, tetapi ia juga pernah mencela orang, menuduh orang berzina, memakan harta orang, menumpahkan darah orang dan memukul orang. Maka kebaikannya diberikan kepada orang-orang itu (yang dizholimi). Jika kebaikannya telah habis sebelum tanggungannya ditunaikan, maka dosa orang-orang tersebut diambil dan dilemparkan kepadanya (yang menzholimi). Lalu dilemparkan ia ke neraka,” kutip Sibroh Malisi dari H.R. Imam Muslim.

Acara buka puasa bersama ini diikuti seluruh pejabat Kodam Jaya berikut keluarganya. Acara penuh kekeluargaan itu kemudian diakhiri dengan Sholat Magrib, Isya dan Tarawih berjemaah.(Red/Ett)

Leave A Reply

Your email address will not be published.