Buntut Ungkap Anggaran RKT di APBD 2021, 8 Fraksi Pilih WO Saat PSI Sampaikan PU

JAKARTA,Harnasnews.com – Sikap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berkoar di media terkait dengan anggaran Rancangan Kerja Tahunan (RKT) 106 anggota dewan di APBD 2021 menuai sikap aksi walk out dari 8 fraksi di Kebon Sirih saat penyampaian pandangan umum fraksi PSI, Senin (14/12) siang.

Aksi walk out fraksi-fraksi di DPRD DKI berawal dari intrupsi yang disampaikan anggota Fraksi Golkar, Zamaludin.

Menurutnya, sebelum penyampaian pandangan umum. Fraksi PSI diharapkan memperlihatkan mandat dari DPW terkait sikapnya pada seluruh anggota dewan. Karena dikhawatirkan sikap fraksi akan dibantah lagi di media, oleh penguris DPW PSI.

“Kita tidak ingin setelah pembacaan PU. Nanti ada ribut-ribut lagi di media. Kalau dewan lah rampok uang rakyat. Itu sangat melukai perasaan seluruh anggota dewan. Saya pun siap berkelahi kalau ada yang menunjuk hidung saya sebagai rampok uang rakyat,” ujar anggota fraksi Golkar, Zamaludin kepada wartawan di sela-sela aksi walk out anggota dewan, Senin (14/12).

Menurutnya, aksi WO yang dilakukan saat penyampain pandangan umum fraksi PSI merupakan inisiatif dirinya sebagai anggota dewan yang dituding tidak prihatin terhadap kondisi pandemi yang saat ini melanda dunia.

“Kalau pun fraksi lain ikut keluar ruang parpur. Saya kira itu merupakan keputusan masing-masing individunya. Tapi kami tidak ada kesepakatan untuk meninggalkan ruang paripurna bersama-sama,” ujar politisi asli betawi itu.
Anggota Fraksi Gerindra, Hasanudin menolak jika dikatakan aksi walk out seluruh fraksi merupakan kesepakatan yang sudah terbentuk diinternal dewan.

Meski diakuinya, secara pribadi kecewa dengan sikap PSI yang sudah ikut sepakat anggaran RKT justru berkoar di media, menolak anggaran tersebut.”Kita ini satu atap. Setuju pada awal, lalu berubah menjelang parpur.

Harusnya PSI istiqomah dong. Saya harapkan kedepan agar PSI lebih kompak dan harmonis. Karena semuanya untuk kepentingan rakyat, bukan kepentingan pribadi,” tegasnya.

Aksi walk out saat PU fraksi PSI tidak hanya dilakukan anggotanya. Melainkan pimpinan rapat paripurna tersebut, M Taufik (Gerindra) dan Misan Samsuri (Demokrat) pun ikut keluar dari ruang parpur.(sof)

Leave A Reply

Your email address will not be published.