Cadangan Emas Dapat Menopang Ekonomi Indonesia

Namun demikian, kata Zaim, penggunaan mata uang kertas khususnya mata uang rupiah masih digunakan bagi komunitas umat yang bertransaksi dengan Dinar Dirham.

“Ya pasti kita belum bisa seratus persen berubah, perubahan itu tidak seperti membalikan tangan. Perubahan itu perlu waktu dan perjuanagan,” kata Zaim.

Zaim mengatakan, saat ini komunitas muamalah yang menggunakan Dinar Dirham kian bertambah. Dari Banda Aceh, Lampung, Jayapura. Namun Ia tidak merinci jumlah jamaah yang menggunakan Dinar Dirham dalam bermuamalah tersebut.

“Sekitar 25 kota, kalo anggota kita tidak tahu persis berapa. Namanya anggota masyarakat kita nggak itung. Karena kita kan ga membangun keanggotaan,” katanya.

Zaim menyebutkan, dalam transaksi menggunakan Dinar dan Dirham tidak membatasi hanya untuk umat Islam saja. Tapi untuk semua umat manusia, baik muslim maupun non muslim.

“Jadi kita juga mengajak yang non muslim untuk berjual beli bermuamalah dengan Dinar dan Dirham. Karena transaksi ini tidak ada yang dirugikan,” tambah Zaim.

Terkait dengan  pencetakan atau pembelian emas dan perak, Zaim mengaku masih tetap menggunakan mata uang kertas atau mata uang rupiah.

“Ya dipakai untuk memproduksi coin yang baru, dibikin dengan emas dan perak yang dibeli pakai uang kertas,” jelas Zaim. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.