Dampak Berita Hoax Dapat Pecah Belah Bangsa

Salah satu prinsip demokrasi yang harus dijaga adalah soal bebebasan berekspresi dan berpendapat. Prinsip demokrasi secam ini, Bursah melanjutkan, merupakan sebuah ruang bagi anak bangsa dalam membangun berbagai narasi sebagai upaya membangun demokrasi yang berkualitas atau subtantif. Bursah kemudian mengutip pendapat tokoh dunia dari Amerika Serikat, Samuel Phillip Huntington.

“Kelau istilah Huntington, pembangunan politik itu menekankan pada penataan kelembagaan parpol. Kalau parpolnya tidak melembaga dengan baik, tidak menyerap aspirasi, tidak menerapkan pendidikan politik maka demokrasi tidak berkembang baik,” tandas Bursah.

Ditempat yang sama Komisioner KPU DKI Jakarta, Marlinah mengapresiasi diskusi yang digalangkan oleh LAMI memberikan wawasan yang edukatif kepada masyarakat, agar selalu menteliti konten yang diterima dan disebarkannya.

“Kegiatan seperti ini cukup sekali membantu KPU untuk memberikan wawasan kepada masyarakat, oleh karena itu saya mengajak teman teman untuk mensukseskan Pemilu mendatang,” tutup dia.

Sedangkan menurut Ferdinand Hutaean kecewa dengan demokrasi saat ini, padahal peraturan di Indonesia menurut dia sudah dinilai bagus untuk demokrasi saat ini.

“Undang undang sudah bagus dan peraturan sudah bagus tapi kalau kondisi demokrasi seperti ini saya kecewa,” kata dia.

Menanggapi hoax tersebut, kata Staf Ahli Kantor Staf Kepresidenan mengatakan Pemerintah telah melakukan langkah dengan memblokir konten yang dinilai Hoax dan juga dari pihak Kepolisian pun telah bekerja dengan cyber crimenya untuk membrantas hoax.

“Kami telah menerima laporan dari masyarakat dan menyampaikan Kementerian Kominfo untuk menghapus konten-konten dinilai hoax,” pungkasnya.  (Edr)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.