Deklarasi Candrabhaga, PJ Walikota Bekasi Tegaskan 4 Pilar Kebangsaan Jelang Pemilu 2024

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – PJ Walikota Bekasi R Gani Muhammad hadiri Deklarasi Candrabhaga Pemilu Menyenangkan Stop Hoax dan Ujaran Kebencian yang dilaksanakan di depan Gerbang Barat, Plaza Pemkot Bekasi Jl. A. Yani, kelurahan Margajaya, kecamatan Bekasi Selatan pada Minggu (04/02/24).

Pada kegiatan itu dihadiri juga Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji mewakili Kapolres Metro Bekasi Kota yang berhalangan hadir serta Komisioner KPUD Kota Bekasi.

Dalam keterangannya PJ Walikota Bekasi R Gani Muhammad mengapresiasi gerakan para anak muda ini dalam Deklarasi Candrabhaga.

“Perlu diketahui dan dipahami makna dari tema ini Pemilu menyenangkan hatinya kenapa kita harus menyenangkan Pemilu karena Pemilu itu adalah sebuah pesta demokrasi di mana layaknya sebuah pesta kita semua harus gembira, kita semua harus senang, jangan sampai kita menghadapi pesta ada yang bersedih,” ujarnya kepada media.

Lebih lanjut ia kembali menerangkan bahwa ada 4 pilar kebangsaan sebagai perekat kokohnya negara Indonesia pertama adalah Pancasila sebagai falsafah dan ideologi bangsa Indonesia yang kedua adalah undang-undang dasar 1945 sebagai hukum tertinggi sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

NKRI rumah besar bagi kita semua yang terdiri dari berbagai suku etnik agama dan bahasa berkumpul dalam NKRI.

“Bhinneka tunggal Ika sebagai perekat dari berbagai perbedaan suku bangsa bahasa dalam satu kesatuan negara Republik Indonesia yaitu bhinneka tunggal Ika para Founding Fathers kita telah melahirkan 4 pilar negara kebangsaan tadi di mana kita sebagai penerus bangsa ini bagaimana kita merawat melestarikan melaksanakan dari empat pilar kebangsaan tersebut,” imbuhnya.

Ditambahkan PJ ada saatnya ikut pesta demokrasi nanti hati itu dengan suasana yang menyenangkan karena salah satu indikator pemilu yang baik adalah kehadiran sebanyak-banyaknya para pemilih di TPS.

“Jangan gadaikan suara bapak ibu sekalian untuk 5 tahun Indonesia ke depan dalam pemilu ini,” tegasnya.

Kota Bekasi saat ini telah meraih predikat sebagai kota yang toleran nomer 2, meningkat dari sebelumnya berada di posisi 3. Sehingga, hal ini patut di jaga dan di apresiasi.

“Ini karena kesadaran bahwa kita hidup alam perbedaan tetapi kita bisa rajut dalam kebersamaan dan rasa persatuan,” tukasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.