Dinas Sosial  Tulungagung Beri Arahan Kepada Anak Jalanan 

TUNGAGUNG,Harnasnews.com ÷ 11 anak jalanan terjaring dalam razia satpol PP Tulungagung, Rabu (23/1). Belasan anak jalanan itu langsung digiring ke kantor dinas sosial Tulungagung untuk mendapatkan arahan. Anak jalanan tersebut ditemukan petugas disekitaran pasar ngunut.

“Kami menemukan anak jalanan itu disekitar pasar ngunut” ungkap salah satu petugas satpol PP.

Tiba di kantor dinas sosial, anak jalanan tersebut langsung didata oleh PEKSOS dan petugas SLRT. Setelah melakukan pendataan PEKSOS memberi arahan kaitan tentang pentingnya pendidikan, dan bahaya hidup di jalanan. PEKSOS juga membagi informasi, jika keluarga, saudara, tetangga yang kesulitan dalam hal pengurusan administrasi pendudukan, bantuan pendidikan formal, batuan kesehatan bagi keluarga tak mampu bisa menghubungi dinas sosial.

Selain itu, dinas sosial lewat PEKSOS juga berdialog, tanya jawab dengan anak jalanan tersebut seputar, identitas, keluarga, alasan kenapa melakukan aktifitas jalanan. PEKSOS juga memberi motivasi pada mereka tentang pentingnya pendidikan formal, dan pentingnya komunikasi dengan keluarga inti.

“Dimanapun kalian berada, dan apapun aktifitas kalian, jangan sampai lepas komunikasi dengan keluarga inti.” Tegas sinung salah satu petugas PEKSOS.

Di tempat yang sama W. Ika Sukirman (Kasi Pemberdayaan Sosial) mengatakan “kegiatan seperti ini memang pernah terjadi, tapi tidak sering” katanya kepada awak media. (Red/ Mo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.