Dipimpin Menko Marves, Kasdam IX/Udayana Ikuti Rakor Tentang Targeted Testing dan Tracing Covid-19

TNI

Tujuan dilaksanakan Vidcon ini adalah untuk menindaklanjuti dan menyeragamkan langkah-langkah mencegah penyebaran Covid-19 di Jabodetabek dan Provinsi Bali khususnya walaupun saat ini Recovery Ratenya cukup tinggi yaitu mencapai 86,3 persen. Namun demikian hal tersebut bukanlah jaminan untuk tidak waspada, tetapi sebagai motivasi bagi kita semuanya untuk terus melaksanakan protokol kesehatan seperti tetap menggunakan masker, menghindari kerumunan dan tetap menjaga kebersihan.

Pada pelaksanaan Vidcon kali ini Menko Marves menekankan tentang pentingnya pelaksanaan tracing atau penelusuran/pelacakan terhadap orang yang positif mengidap Covid-19, sehingga dengan diterapkannya tracing ini para petugas dapat mengetahui darimana ia terjangkit dan dengan siapa saja ia melakukan kontak.

Dengan demikian diharapkan petugas yang tergabung dalam Satgas Operasi Yustisi dapat dengan cepat menelusurinya dengan siapa ia bersosialisasi. “Bahwa dengan tracing ini diyakini sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran/penularan virus ini kepada orang lain”, jelas Menko Marves.

Dijelaskan pula bahwa penyebaran virus ini disebabkan oleh masih ditemukannya masyarakat yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan penerapan tes swab yang masih terbatas, dimana memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasilnya. Diharapkan kedepannya bahwa perlengkapan PCR dan swab test akan ditambah sehingga hasil PCR dapat diperoleh lebih cepat sehingga dapat ditentukan penanganan yang cepat dan tepat.

Turut hadir mendampingi Kasdam IX/Udayana diantaranya Danrem 163/WSA, Aster Kasdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Karumkit Tk.II Udayana, Kasiops Korem 163/WSA dan Waasops Kasdam IX/Udy.(BUDI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.