Dirjen Hortikultura: Krisis Pangan Peluang Indonesia Ambil Peran

Menurut dia, kelembagaan petani yang kuat dan dinamis menjadi salah satu kunci kuatnya pencapaian misi dan tujuan dalam menjawab tantangan.

Korporasi dirancang ke arah penguatan ide, penguatan langkah, penataan sistem, efisiensi gerak hulu hilir, penataan on farm sampai dengan setelah panen dalam segala komponen dipikul dan direncanakan bersama diaktualisasikan bersama dan dinikmati keberhasilannya secara bersama-sama.

Berdasarkan data posko food estate terdapat 26 kelompok tani di 16 desa dan lima kecamatan yang terlibat dalam food estate di Kabupaten Wonosobo. Hal ini menjadi modal utama berupa SDM alam menggerakkan roda perekonomian.

“Harapan saya koperasi food estate Wonosobo lahir dan tumbuh menjadi embrio korporasi besar dan menjadi cikal bakalnya pergerakan positif hortikultura di kawasan Jawa Tengah. Saya sudah instruksikan ke pada seluruh jajaran Direktorat Jenderal Hortikultura untuk mendampingi Wonosobo menuju ke keberhasilan pencapaian kegiatan food estate,” katanya, dikutip dari antara.

Ia berharap kegiatan gelar karya food estate yang berupa bimtek, temu usaha, dan gelar produk pertanian hasil food estate serta peresmian koperasi menjadi sebuah kegiatan yang terangkai secara baik dan mengandung kemanfaatan bagi seluruh anggota kelompok.(qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.