Gelar Joint Studio 2021, Prodi Arsitek Untag Surabaya Gandeng Empat Negara Bertema ‘International Design Charette’

Pendidikan

Terbukti, Prodi Arsitektur Untag Surabaya rutin menjadi tuan rumah kegiatan internasional dan aktif berjejaring dengan instansi dalam dan luar negeri.” pungkas Hasti.

Pada Joint Studio 2021 Hasti tampil sebagai salah satu pembicara dan memaparkan terkait Kecamatan Ngagel, Surabaya, Sebelumnya, Hasti melakukan analisa urban guna mengumpulkan data “Kami eksplor lebih dalam karena komplit tantangannya: di pinggir sungai, ada rel kereta, daerah bersejarah.

Ngagel punya percikan sejarah, jadi mahasiswa bisa brainstorming. Ada kampung, ada modern, disitu ada mixuse. Menggambarkan pluralitas Kota Surabaya.”

Melalui analisa tersebut, dirinya merekomendasikan daerah Ngagel dengan tidak meninggalkan akar budaya.

Joint Studio dilangsungkan secara daring ini melakukan komposisi dua session, dikarenakan perbedaan waktu yang cukup signifikan dari para negara peserta.

Sesi pertama pada pukul 14.00 Wib, yang diikuti oleh Brisbane-Mirko Guaralda dan Surabaya-Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Jawa Timur-Yuli Kalson Sagala, ST, IAI, AA, Ekologis Universitas Airlangga-Dr. Nurina Fitriani, ST. Sejarawan Universitas Airlangga-Prof. Dr. Purnawan Basundoro SS, M.Hum, juga Dosen ITS Surabaya-Adjie Pamungkas, ST, M.Dev.Plg., Ph.D. yang tampil sebagai pembicara pada sesi pertama.

Sesi kedua diisi oleh Dr Sylwia Krzysztofik-Lodz University of Technology; Guru Besar Lodz University of Technology-Prof Małgorzata Hanz, Adjunct Professor Drexel University-Dr. Sara Girotto, PhD dan Prof. Asistente Universidad de los Andes-Leonardo Parra Agudelo, PhD.

Ke depan, Joint Studio akan kembali digelar, “Meluaskan mata kuliah lain juga berganti atau menambah dan memperluas partner,” tutup Hasti. [PUL]

Leave A Reply

Your email address will not be published.