Gelar Pasar Murah, Bazar & UMKM Ribuan Warga Maluku Utara Tumplek di Velodrome Rawamangun

JAKARTA , Harnasnews – Pasar murah, Bazar & UMKM Keluarga Besar HIKMU yang diperuntukan bagi warga Maluku Utara yang berdomisili di Jabodetabek, Sabtu (7/10) siang digelar di Velodrome Internasional, Rawamangun, Jakarta Timur.

Dalam sambutanya, Ketua Umum HIKMU, Nabil M Salim mengungkapkan rasa syukur kegiatan bazar tersebut bisa dilaksanakan untuk pertama kali oleh HIKMU.

“Alhamdulillah, setelah musyawarah, pengukuhan serta rapat pleno HIKMU periode 2023-2026. Hari ini kita mengadakan bazar murah berkat dukungan seluruh pengurus HIKMU,” ujar Nabil.

Dia mengatakan, kehadiran HIKMU kedepan akan menjadi wadah sosial berbasis keluarga atau paguyuban Maluku Utara yang dapat meningkatkan konsolidasi bagi seluruh elemen masyarakat Maluku Utara di Jabodetabek.

“Dan itu sudah saya mulai lewat pertemuan-pertemuan terbatas elemen pendukung HIKMU dalam rangka mensupport kegiatan generasi muda Kieraha, mendukung dan memfasilitasi club sepakbola Kieraha FC serta bersilaturahmi dengan pengurus paguyuban2 Maluku Utara di Jakarta,” paparnya.

Diharapkannya, dengan soliditas dan semangat kebersamaan warga Maluku Utara. Silaturahmi anak-anak rantau atau diaspora masyarakat Maluku Utara bisa terjalin dengan baik.

“Terpenting bisa saling mengenal, saling baku paduli untuk keluarga Maluku Utara yang lebih maju,” katanya.

Diagendakan, setiap tahunnya HIKMU bakal menggelar acara bazar murah serta kegiatan sosial lainya, seperti natal bersama, idul Fitri atau pun kegiatan keagamaan lainnya.”Apalagi kegiatan pasar murah dan Bazar UMKM sangat bermanfaat untuk memutar, melestarikan kreativitas ekonomi rakyat. Sekaligus baku peduli industri rumahtangga dalam bingkai UMKM berkebudayaan atau kearifan lokal kita,” katanya.

Disamping itu, momentum bazar tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan daya beli dan daya jual dalam rangka meningkatkan pendapatan rumah tangga.”Diharapkan kedepan ada pengembangan potensi dalam skema one village, one paguyuban, one product untuk memacu semangat kreativitas ibu-ibu,mama-mama kita yang gemar kuliner,” katanya.

Ketua Dewan Pembina HIKMU, yang juga Kepala staf Kostrad, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengapresiasi kegiatan bazar yang diadakan HIKMU.”Saya apresiasi kegiatan bazar hari ini yang dilaksanakan ketua umum baru HIKMU, Nabil M Salim. Apalagi kegiatan seperti ini sangat mendukung program pemerintah dalam memajukan perekonomian bangsa. Tentunya, kita harapkan ada dukungan atau support dari kementerian Koperasi dan UKM untuk mensertifikasi pelaku UMKM. Tentunya hal itu dalam rangka mempermudah modal usaha bagi UKM yang tergabung dalam HIKMU,” katanya.

Lebih lanjut, Saleh Mustafa menambahkan, dengan kegiatan-kegiatan yang bisa mensupport UMKM. Tentunya, sambung dia akan menjadikan gaung Maluku Utara terdengar di Jakarta.”Sebab sejak menjadi provinsi, Maluku Utara gaungnya kurang terdengar secara nasional. Kita harapkan dengan keberadaan HIKMU menjadikan Maluku Utara lebih maju,” katanya.

Hadir dalam acara itu Tayib Armain (mantan gubernur Maluku Utara periode 2001-2011), Abubakar Abdullah (Sekwan Maluku Utara), M Firdaus (Asisten Deputi Perlindungan dan Kemudahan Usaha Mikro Kementerian Kooperasi UKM) dan Kasman Hi. Ahmad (Ketua ICMI Korwil Maluku Utara)

“Acara bazar ini diharapkan mewujudkan persatuan dan solidaritas masyarakat Maluku Utara. Disamping itu kegiatan ini juga diharapkan bisa membangun ekonomi dan promosi Maluku Utara, khususnya dalam bidang seni dan kuliner,” ujar Ketua Bidang Hukum HIKMU, Farhat Abbas.(ian)

Leave A Reply

Your email address will not be published.