Hadiri Deklarasi Candrabhaga, Ini Pesan Dandim 0507/Bekasi Untuk Pemilu 2024

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait hadiri Deklarasi Candrabhaga Pemilu Menyenangkan Stop Hoax dan Ujaran Kebencian yang dilaksanakan di depan Gerbang Barat, Plaza Pemkot Bekasi Jl. A. Yani, kelurahan Margajaya, kecamatan Bekasi Selatan pada Minggu (04/02/24).

Pada kegiatan itu dihadiri Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, PJ Walikota Bekasi R Gani Muhammad dan Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Untung Riswaji mewakili Kapolres Metro Bekasi Kota yang berhalangan hadir.

Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait saat diwawancara awak media menjalankan bahwa kegiatan Deklarasi Candrabhaga itu adalah salah satu upaya menciptakan pemilu damai dan aman.

“Jadi deklarasi candrabaga itu upaya untuk menyampaikan bahwa Pemilu itu menyenangkan bahwa kita jangan sampai kita terpengaruh oleh hoax stop hoax dan ujaran-ujaran kebencian yang saat ini sedang ada di media sosial itu supaya kita sosialisasikan pada masyarakat jangan sampai terpengaruh hal-hal itu,” kata Dandim kepada media.

Ia mengapresiasi Deklarasi Candrabhaga yang diinisiasi oleh tim Cipayung ini dengan menggandeng Pemkot Bekasi, TNI dan Polri serta KPU Kota Bekasi, yang turut hadir untuk menyemarakkan kegiatan itu.

“Ini mendapatkan perhatian dari kita semua. Harapannya masyarakat jadi lebih yakin bahwa Pemilu itu Pemilu damai pemilu yang menyenangkan dan menjadi pesta demokrasi yang terbaik bagi kota Bekasi,” imbuhnya.

Kembali Dandim menegaskan bahwa TNI bersama Polri telah melakukan upaya-upaya untuk pengamanan mulai dari distribusi logistik dan memastikan dari seluruh unsur penyelenggara pemilu bisa melakukan tugasnya.

“Kita menyupport hal-hal yang sifatnya kaitannya dengan mengamankan gudang kemudian membantu apabila dibutuhkan pada saat tertentu termasuk gelar operasi kita kaitannya dengan pemilu sudah tergelar di seluruh wilayah,” katanya.

Kodim 0507/Bekasi sendiri akan melibatkan 585 personilnya dibantu dengan 1.000 personil Polres Metro Bekasi Kota untuk mengamankan 7.078 TPS yang ada di Kota Bekasi.

“Itu semuanya akan berusaha untuk melakukan cipta kondisi supaya wilayah ini kondusif, aman dan seluruh masyarakat bisa memberikan suaranya di TPS dengan lancar,” ungkapnya.

Sementara, untuk mengantisipasi gangguan menjelaskan pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari mendatang, TNI juga telah melakukan mapping wilayah rawan banjir untuk antisipasi dan memastikan kelancaran pemungutan suara.

“Sudah kita lakukan apel dan latihan bersama kaitannya dengan apabila terjadi hal-hal yang tidak memungkinkan khususnya terkait dengan banjir kita sudah ploting menyiapkan personil termasuk perlengkapan, daerah-daerah TPS yang menang diperkirakan untuk mengantisipasi hujan lebat maka terjadi banjir itu harus kita amankan jangan sampai logistik pemilu bisa menjadi permasalahan kedepannya,” katanya.

Ia juga berharap bahwa Pemilu 2024 ini akan berjalan dengan kondusif dengan kerjasama seluruh unsur masyarakat serta TNI-POLRI dan pemerintah Kota Bekasi. TNI-POLRI juga memastikan netral pada perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan ini.

“Kita adalah aparatur ya netral dan kita sudah menyiapkan tempat-tempat untuk pengaduan apabila ada oknum yang melakukan pelanggaran terhadap netralitas TNI dan Polri,” pungkasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.