Imbas Gas Beracun, Warga Pasir Gudang Diimbau Gunakan Masker

Mereka yang menghirup asap itu menunjukkan gejala keracunan seperti mual dan muntah. Lebih dari 500 orang, kebanyakan dari mereka adalah murid sekolah, telah menjadi korban. Sebanyak 160 di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit.

Belum diketahui jenis gas beracun apa yang telah dilepaskan dari limbah tersebut. Awal pekan ini, otoritas Malaysia telah menangkap tiga tersangka pembuangan limbah.

Satu di antaranya akan segera didakwa di pengadilan. Dia berpotensi dihukum lima tahun penjara jika terbukti bersalah melanggar undang-undang perlindungan lingkungan.

“Kementerian Pendidikan telah memutuskan untuk segera menutup semua 111 sekolah di daerah Pasir Gudang. Kementerian Pendidikan meminta agar semua pihak mengambil tindakan pencegahan,” kata Menteri Pendidikan Malaysia Maszlee Malik, dikutip laman the Guardian, Kamis (14/3).

Awalnya Maszlee hanya memerintahkan penutupan 43 sekolah di Pasir Gudang, sebuah kawasan industri di negara tersebut. Namun guna mengantisipasi jatuhnya lebih banyak korban, dia memutuskan menutup semua sekolah di sana. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.