Indonesia Sports Learning Center Ciptakan Atlet Berprestasi

JAKARTA, Harnasnews.com – Cabang olahraga atletik merupakan salah satu dari “Mother Of Sports” atau ibu olahraga di dunia dan menjadi cabang prioritas dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Oleh karena itu diharapkan dapat menciptaakan atlet berprestasi tertinggi dalam ajang Olimpiade mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam acara talkshow yang digelar secara virtual yang diadakan oleh Indonesia Sports Learning Center (ISLC) pada Rabu, (13/4/2022) dengan tema “Mencari Bibit Atletik”.

Adapun narasumber yang hadir diantaranya Wakil Ketua Umum KONI yaitu Mayjend TNI (Purn) dr. Suwarno, Kabid Pembibitan PB PASI yaitu Boedi Darma Sidi, Akademisi sekaligus Ketua Pengrov PASI DKI yaitu Mustara Musa, Pelatih Atletik yaitu Eni Nuraeni dan Atlet Atletik kebanggaan Indonesia yaitu Lalu Muhammad Zohri.

Talkshow tersbut juga dihadiri presiden ISLC yaitu Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni. Dalam sambutannya Sylvi menyatakan bahwa pencarian bibit atletik ini harus terprogram dan melalui proses. Sehingga bagaimana dapat menghilangkan stigma bahwa mencetak atlet tidak by accident, tetapi by design.

“Kami berharap tema talkshow kali ini menjadi wadah silaturahmi, edukasi dan mengoptimalkan informasi diantara masyarakat atletik dan masyarakat umum lainnya,” ujar Sylvi.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KONI Suwarno   mengatakan, keberadaan Sekolah Khusus Olahraga (SKO), jika dilakukan secara berkelanjutan dan sistematis akan sangat efektif bagi keberlangsungan atletik di masa depan.

Kendati demikian, dirinya menyayangkan bahwa keberadaan kurikulum pendidikan olahraga saat ini masih sebatas pelengkap pendidikan saja. “Dulu pada saat saya SD sudah diajarkan dan dipertandingkan loncat jauh sebagai salah satu nomor atletik,” ujar Suwarno.

Leave A Reply

Your email address will not be published.