Ini Alasan AS Menghentikan Latihan Perang dengan Korea Selatan

WASHINGTON DC, Harnasnews.id – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan mengumumkan penghentian latihan perang skala besar di Semenanjung Korea, dan menggantinya dengan operasi lebih kecil.

Dikutip dari VOA Indonesia pada Senin (4/3), keputusan itu disebut sebagai upaya untuk mendukung diplomasi yang bertujuan menyelesaikan krisis nuklir Korea Utara.

Keputusan yang diumumkan oleh kedua negara pada hari Minggu itu, disampaikan setelah Presiden AS Donald Trump mengeluh atas besarnya biaya latihan bersama tersebut.

“Alasan saya tidak ingin latihan militer dengan Korea Selatan adalah untuk menghemat dana ratusan juta dolar oleh AS yang tidak dibayar kembali,” bunyi twit Trump, pada hari Minggu.

Pembatalan latihan itu merupakan itikad baik Amerika Serikat pada Korea Utara, kata Trump, yang menganggapnya sebagai latihan untuk menginvansi.

Tetapi sebagian pakar mengatakan hal itu mungkin akan memperlemah kesiapan militer kedua negara sekutu, di tengah kekhawatiran ketegangan bisa meletus kembali di Semenanjung Korea. setelah gagalnya KTT Vietnam.

Sementara itu, Pentagon dalam pernyataannya, mengatakan pimpinan pertahanan AS dan Korea Selatan memutuskan untuk mengakhiri serangkaian latihan Key Resolve dan Foal Eagle, segera setelah pengumuman resmi dirilis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.