Ini Kata BPOM Soal Blokir Harsen Laboratories

Kedua, masa kedaluwarsa produk ivermectin yang ditentukan BPOM seharusnya hanya satu tahun. PT Harsen malah mengedarkan ivermectin dengan masa kedaluwarsa sampai 2 tahun.

“Saya kira itu adalah hal yang critical pada tanggal kedaluwarsa,” ujarnya, dikutip dari republika.

Tak hanya itu, PT Harsen juga dinilai melanggar dalam hal promosi obat untuk masyarakat umum. Izin BPOM selama ini, promosi obat ivermectin hanya bisa dilakukan untuk para tenaga kesehatan karena termasuk obat keras. Artinya, dia melanjutkan, obat ini hanya bisa didapatkan atas izin dokter yang mendiagnosa dan memberikan resep.

BPOM menegaskan, peringatan keras jika sampai tidak ada perbaikan dari PT Harsen. Termasuk peringatan pencabutan izin edar.

“Namun kalau pembinaan itu tidak menunjukkan industri farmasinya patuh bekerja sama dengan BPOM sehingga memastikan kita betul-betul memberikan produk yang terbaik untuk masyarakat, peringatan keras sampai pencabutan izin edar,” katanya.

Seperti diketahui, Direktur Marketing PT Harsen Laboratories Riyo Kristian Utomo mengatakan, berhari-hari BPOM nongkrong memeriksa semua faktur di pabrik. “Sepertinya, mereka tidak menginginkan obat ini beredar dan dipakai untuk melawan Covid,” kata pres release yang beredar mengatasnamakan PT Harsen. (qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.