Inilah Caleg Paling Populer Berpotensi Kembali Lolos ke Senayan

  1. Bambang Soesatyo (Golkar) 17%
  2. Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra) 15%
  3. Ahmad Syahroni (NasDem) 13%
  4. Effendi Simbolon (PDI-P) 12%
  5. Dede Yusuf (Demokrat) 11%
  6. Hinca Panjaitan (Demokrat) 9%
  7. Adi Satria (PDI-P) 8%
  8. Masinton Pasaribu (PDI-P) 6%
  9. Saleh Daulay (PAN) 5%
  10. Sihar Sitorus (PDI-P) 4%

Iskandar mengungkapkan, tingkat partisipasi masyarakat pemilih mengalami turun naik, sejak pemilu 1999, 2004,  2009, 2014 dan 2019 serta (kemungkinan 2024 yang akan datang).

Fakta tersebut bukan tidak mungkin akan berbalik ketika massa pemilih memiliki minat memilih kembali dikarenakan faktor calon anggota legislatifnya. Munculnya kecenderungan responden akan melakukan pilihan pada anggota DPR-RI yang saat ini masih menjabat dan mencalonkan diri kembali.

Di perkotaan besar (dimana survei dilakukan), masyarakat pemilih rasional (rational  voters) yang memiliki tingkat pendidikan baik, tingkat penerimaan informasi yang cukup  baik dan tingkat ekonomi yang mapan bertempat mayoritas tinggal, pilihan lebih sering mereka jatuhkan berdasarkan rasionalitas dengan mempertimbangkan faktor portofolio dan track record calon anggota dewan.

“Yang berdasarkan sumber informasinya lebih mudah mereka serap dan  dapatkan, di komunitas seperti ini agak sulit bagi calon debutan baru untuk muncul secara ekstrim, kecuali ada faktor luar biasa yang ditimbulkan,” ungkap Iskandar. (Pri)

Menurutnya, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Pengamatan kualitas terhadap hasil wawancara dilakukan secara  random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check).

Leave A Reply

Your email address will not be published.