Johan Dorong Masyarakat Sumbawa Tanam Bawang Merah

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews.com – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, Johan Rosihan mendorong masyarakat Sumbawa untuk menanam bawang merah sebagai komoditas pertanian selain padi dan jagung. Hal ini ia sampaikan setelah berkunjung ke salah satu lahan milik masyarakat di Serading, Kecamatan Hilir.

Politisi yang dikenal cukup konsen pada bidang pangan tersebut takjub dengan potensi lahan milik masyarakat yang hanya karena keterbatasan sumber air sehingga tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Pak Budin, seorang pemilik lahan bercerita bahwa ia sudah konsen menanam bawang merah sejak beberapa tahun yang lalu. Lahan seluas 20 hektar miliknya ditanami bawang merah dengan estimasi panen dua kali dalam setahun.

“Hasilnya sangat menjanjikan. Apalagi kalau harga bawang merah sedang bagus-bagusnya. Setahun saya bisa panen maksimal dua kali. Setelah itu saya taro padi”. Ungkap Pak Budin.

Menanam bawang merah ini tidak terlalu rumit-rumit amat, lanjut pak Budin. Kuncinya konsisten dan penuh kesabaran. “Saya kira tanaman apapun itu, kita perlu konsisten sebagai petani jika ingin hasilnya maksimal”. Tutup beliau.

Kepada Pak Budin, Johan mengatakan agar bisa menggaet masyarakat lain untuk mengikuti jejak beliau. Johan ingin agar masyarakat itu diajari, digugah kesadarannya bahwa ada potensi bagus dan bernilai ekonomis tinggi di dunia pertanian kita.

Lahan luas di Sumbawa harus benar-benar bisa dimanfaatkan. Tugas pemerintah adalah terus mensuport mulai dari membantu menyediakan sumber air melalui sumur bor hingga menjamin ketersediaan pupuk bagi petani.

“Kita punya potensi lahan yang bagus. Saya sudah berkunjung ke beberapa tempat baik di Bima dan di Sumbawa, dan kontur tanah kita hampir mirip untuk tanaman bawang merah. Saya kira, di teman-teman di Sumbawa juga bisa mulai menggalakkan penanaman selain padi dan jagung.” Kata Johan kepada media ini.

Politisi PKS itu bahkan siap mensuport para petani yang ingin serius dan benar-benar mau belajar. Seperti diketahui, sebagai Anggota Komisi IV yang salah satunya bermitra dengan Kementrian Pertanian, ia berharap masyarakat bisa memaksimalkan keberadaannya di DPR.

“Saya harap keberadaan saya di senayan bisa dimaksimalkan. Kalau ada keperluan menyangkut komisi saya, silahkan diakses melalui media atau ketemu langsung. Saya rasa di era keterbukaan seperti sekarang, mudah sekali kita lakukan komunikasi.” Tutup Johan.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.